Waspada! Facebook Fake Login.

Ditulis oleh Beri komentar Lihat komentar

Banyak teman dan sahabat yang belakangan ini melaporkan perihal kehilangan chip Poker atau tidak dapat login ke Facebook milik mereka lagi. Selidik punya selidik… ternyata mereka menjadi korban phising – alias korban dari take-over account lewat fake login.

Modus yang saya amati memiliki kesamaan yakni : fake login atau halaman login Facebook yang palsu, di “tanamkan” sebagai homepage browser – entah itu Firefox, Opera, IE dan sebagainya – di warnet-warnet. Oleh karena itu, hampir sebagian besar korban adalah pengguna warnet.

Bagaimana cara mengenali fake login?

Sederhana saja… jika pada saat anda membuka browser kemudian tampil halaman login Facebook, maka patut dicurigai halaman tersebut adalah halaman fake login. PERHATIKAN alamat halaman login tersebut!

Jika bukan http://www.facebook.com/ maka dapat dipastikan itu adalah fake login!

Cara kedua untuk mendapatkan account Facebook orang lain adalah dengan menanamkan keylogger. Keylogger adalah software yang mampu mencatat semua apa yang kita ketikkan di keyboard, dan kemudian mengirimkan hasil catatan tersebut kepada pemasangnya. Namun modus yang satu ini masih saya jarang temukan.

Untuk menghindari pencurian account Facebook anda, saya menyarankan :

  1. Ketik alamat Facebook secara manual pada browser.
  2. Jika ada homepage dengan tampilan Facebook, acuhkan saja.. dan ikuti langkah pertama.
  3. Pada saat login, tulis email dengan benar.. dan pada saat mengetikkan password, gunakan On-Screen Keyboard yang sudah terinstall pada Windows. Hal ini mencegah keylogger melakukan pencatatan password anda.
  4. Jika anda pengguna warnet, gunakanlah warnet yang dapat dipercaya.

On-Screen Keyboard pada Windows Vista

Intinya adalah keamanan account Facebook anda akan terjaga, selama anda selalu berhati-hati saat memasukkan username dan password anda. :)


Incoming keywords

facebook mengirim tautan sendiri


Related Posts

Filed under

Tips dan Trik

| Tags:

Leave a Comment