Belanja online lewat smartphone kini telah menjadi tren tersendiri. Sebuah penelitian terbaru menyebutkan bahwa sebanyak $40.241 miliar telah dihabiskan untuk belanja online via smartphone, di tahun 2016. Dengan modal paket internet, 90 persen pengguna smartphone mencari informasi hingga akhirnya membeli secara online.

Dari fenomena ini, wajar bila pengguna smartphone menjadi sasaran empuk kejahatan digital. Sesuai prediksi ESET, sejak 2013 telah tumbuh ratusan hingga ribuan malware di smartphone. Virus berbahaya yang bisa merusak smartphone, mencuri data pribadi, hingga melenyapkan sejumlah uang pengguna smartphone.

Kejahatan digital ini paling rawan menyerang masyarakat Indonesia, karena kebanyakan pengguna smartphone tidak memiliki wawasan cukup dalam memproteksi diri di dunia maya. Untuk itu diperlukan edukasi terus-menerus, sampai masyarakat mampu menerapkan perlindungan keamanan data pribadi dan melakukan transaksi keuangan secara online.

Misalnya dengan membagikan tips dan langkah-langkah jitu belanja online via smartphone. Setidaknya ada 5 tips aman yang bisa kita terapkan, jika sering belanja online lewat smartphone. Di antaranya:

5 Tips Aman dan Nyaman Belanja Online via Smartphone

Sumber gambar: Retagram.com

Mengakses Aplikasi Resmi

Sejumah toko online kini memiliki aplikasi versi Android atau iOS, untuk memudahkan berbelanja. Aplikasi yang biasanya diunduh gratis dengan mengandalkan pulsa atau kuota. Nah, bila kamu hendak belanja online, sebaiknya menggunakan aplikasi resmi yang dimiliki toko online.

Aplikasi resmi tentu diunduh dari toko aplikasi terpercaya seperti Google Play Store atau Apple App Store. Hindari menggunakan atau mengunduh aplikasi dari pihak ketiga, karena keamanannnya lemah. Kemungkinan besar, aplikasi yang tidak resmi mengandung malware berbahaya ketika di akses di smartphone.

Detail Menanggapi Permintaan Akses di Aplikasi Smartphone

Ketika menginstal, sejumlah aplikasi umumnya meminta hak atau kebebasan mengakses data-data tertentu. Kamu boleh saja memberikan hak, tapi pastikan detail membaca rinciannya. Pelajari dan cek detail permintaan akses yang diminta.  Jangan terlalu mudah memberikan hak admin pada aplikasi yang terinstal di smartphone.

Sejumlah malware biasanya masuk lewat izin kamu sendiri. Perizinan yang memungkinan kejahatan digital lebih leluasa mengontrol smartphone milikmu dan merugikanmu pada akhirnya. Jadilah pengguna smartphone yang selalu berhati-hati di setiap aktivitas online, khususnya bila sering melakukan transaksi. Misalnya, kamu berlangganan membeli pulsa secara online di Traveloka.

Kunci dan Password Akun Penting untuk Menjaga Keamanan

Pastikan kamu selalu mengunci aplikasi atau akun-akun penting dengan password yang aman. Contohnya seperti aplikasi mobile banking, kartu kredit tertentu, dan sebagainya. Sebaiknya kamu sering melakukan login dan logout pada akun, usai bertransaksi online.

Kebiasaan menyimpan informasi login dan metode pembayaran, berpotensi memudahkan penjahat digital mengakses perangkatmu dengan mudah. Jadi, kunci selalu akun-akun penting, agar tetap aman dan nyaman.

Berhati-hati dalam Menyimpan Informasi Penting

Informasi penting seperti username, password, dan nomor kartu kredit, sebaiknya disimpan dengan baik. Hindari menyimpan di tempat yang mudah ditebak dan diakses oleh pelaku kejahatan digital. Misalnya, sebaiknya tidak menyimpan informasi penting di GDrive tanpa pengamanan ganda dan sejenisnya.

Sejumlah aplikasi memang menawarkan fleksibilitas penggunaan, penyimpanana data yang mudah, dan keunggulan lainnya. Fitur yang sangat membantu manusia modern dalam beraktivitas dan bisa diakses dengan mudah lewat pulsa, atau kuota data. Namun, juga sangat berisiko diakses dengan mudah oleh orang tak bertanggung jawab dan berpotensi merugikanmu.

Dilengkapi Fitur Pengamanan seperti Banking dan Payment Protection

Jika kamu bertransaksi denan browser, pastikan browser telah dilengkapi dengan fitur Banking dan Payment Protection. Ini agar kamu merasa aman dan nyaman saat bertransaksi. Jika menggunakan aplikasi, lakukan proteksi lewat aplikasi anti virus, detail membaca prosedur sebelum transaksi, dan sebagainya.

Belanja online memang memberikan banyak manfaat bagi kita. Contohnya ketika membeli pulsa Axis di Traveloka. Gerai online yang menawarkan pengisian ulang pulsa Axis dan semua operator lainnya dengan mudah, cepat, dan hemat. Kita bisa melakukan transaksi kapan pun dan di mana pun sesuka kita.

Menyenangkan? Ya tentu saja. Namun, juga berisiko terkena aksi kejahatan digital, jika kamu tak melakukan proteksi diri. Cara melakukan proteksi ialah dengan memastikan smartphone yang digunakan bertransaksi bebas virus, selalu mengunci akun penting, dan detail membaca prosedur bertransaksi.

Yuk, jadi pengguna smartphone yang cerdas dan teliti. Jangan sampai hal buruk terjadi, baru kamu sadar pentingnya memproteksi diri di smartphone. Alangkah baiknya sejak dini kita lebih berhati-hati dalam segala aktivitas online, demi kebaikan diri sendiri. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *