tweak

Software Review: Baidu PC Faster

Ditulis oleh Beri komentar Lihat komentar

Baidu PC Faster : We Make PC Faster – itulah slogan dari aplikasi untuk sistem operasi Windows ini. Baidu PC Faster adalah aplikasi optimasi dan keamanan (optimization and security) yang dikembangkan oleh Baidu – salah satu perusahaan internet yang cukup mapan dan berbasis di Hainan District – Beijing. Baidu PC Faster memiliki arsenal yang cukup komplit untuk keperluan maintenance sistem operasi Windows agar selalu berjalan dengan performa terbaik.

Pada saat ini, Baidu PC Faster masih berstatus beta – meskipun demikian dari ujicoba yang di lakukan pada komputer kerja saya hasilnya cukup memuaskan.

Fitur Baidu PC Faster

1. Health Check

Dengan menggunakan fitur ini, anda dapat dengan mudah mendiagnosa permasalahan didalam komputer anda. Dengan sekali klik, Baidu PC Faster mampu memaksimalkan kinerja komputer. Cukup sekali klik pada tombol “Quick Care”, PC Faster akan mengoptimasi semua aspek sistem operasi Windows.

home

2. Win Update

Baidu PC Faster dapat membantu anda “menutupi celah” pada Windows dengan memberikan rekomendasi untuk menginstal Windows hotfix / patch yang penting. Hmmm… sayangnya dikomputer saya fitur ini tidak dapat berjalan dengan baik – semua hotfix yang direkomendasikan tidak dapat di download.

winupdate

3. Cleaner

Tahukah anda bahwa sistem operasi atau software yang terimstal pada komputer kadang-kadang menyimpan atau menghasilkan file-file sampah (junk files) berupa log, file temporary, dan sebagainya. Selain itu, kebanyakan aplikasi atau software juga akan menambahkan entri registry yang tidak bermanfaat. Junk files dan entry registry ini lama kelamaan akan menumpuk dan mengisi ruang harddisk anda – padahal anda tidak memerlukannya. Fitur Cleaner dapat membersihkan file-file sampah ini dengan cepat dan efisien.

cleaner

Fitur Cleaner membantu anda agar komputer anda “bersih” dari junk files dan entry registry yang tidak valid – hasilnya PC anda akan berjalan lebih mulus, cepat, dan mencegah terjadinya crash / hang.

Dari pengamatan saya, kemampuan cleaner di Baidu PC Faster masih belum dapat menandingi kemampuan pembersihan junk files dan invalid registry entry pada CCleaner.

4. SpeedUP

Fitur Speed Up membantu anda untuk mengoptimalkan kinerja komputer secara keseluruhan dengan cara meng-optimalisasi pengaturan startup, pengaturan internet, dan sebagainya. Komputer akan lebih cepat melakukan booting – sehingga anda tidak perlu menunggu lama saat anda menyalakan komputer.

speedup

5. Cloud Security

Cloud security mampu untuk mendeteksi keberadaan malware atau ancaman virus. Baidu PC Faster menggunakan built-in scanning engine buatan sendiri dan scanning engine milik Avira digabung dengan cloud-based scanner. Hasil deteksinya sangat baik dan scanning juga berlangsung cukup cepat. Sayangnya, proteksi antivirus Baidu PC Faster tidak berjalan realtime alias scanning hanya dapat dilakukan oleh user sendiri (on-demand).

cloudscan

Fitur keamanan lain yang ditawarkan oleh Baidu PC Faster adalah PC Faster USB Guard yang membantu anda untuk melakukan safely remove untuk perangkat USB.

usbguard

6. Toolbox

Berisi banyak pilihan utility untuk melakukan tweaking dan melakukan perbaikan sistem internal Windows.

toolbox

7. App Store

Baidu PC Faster menawarkan fitur app store / download software yang terintegrasi. Anda dapat dengan mudah mendownload dan menginstal software pilihan yang hampir semuanya bersifat freeware.

appstore

Kesimpulan

Overall, saya cukup menyukai software Made in Hongkong yang satu ini – karena fitur nya cukup lengkap untuk menjaga performa komputer secara menyeluruh, cukup “ringan” dan tidak membutuhkan banyak memory atau CPU – ideal untuk komputer dengan spek pas-pasan. Tampilannya cukup intuitif, modern dan mudah digunakan. Dan yang terpenting adalah software ini GRATIS! :)

Ingin mencoba? Silakan kunjungi dan download langsung dari situs resminya di http://security.baidu.co.th/en/


Related Posts

Filed under

Software

| Tags:

Leave a comment ?

80 Comments.

  1. mas minta bantuan donk , saya pake avira sm baidu pcfaster tiba2 instal baidu antivirus mas , kira2 aman gak sama avira mas baidu antivirus nya? gede banget soal nya file nya dan mendadak komputer saya aga lemot

  2. halo mas, di komputer saya tiba2 terinstall baidu pc faster dan mobogenie, kayaknya ikut bundling dari download. saya pake eset antivirus dan saya pikir ga masalah sama komputer saya. tapi makin lama kompie jadi lambat banget dan setelah baca2 saya direkomen untuk hapus baidu dan mobogenienya. tapi susaaaaaahh banget, sepertinya program ini maksa masuk ke komputer, bikin banyak folder di tempat2 yang ga terduga,dan ga bisa diuninstall pula. saya udah coba hapus semua file yg berkaitan dengan baidu dan mobo, plus cccleaner, plus malwarebytes, plus adwcleaner, tetep aja ada satu file yang ga bisa dihapus, bentuknya aplikasi, namanya bassvc.exe. adanya didalem folder Baidu Security di program files (86). sepertinya ga berbahaya, tapi karena ga bisa dihapus, saya ga suka dia ada disitu. gimana cara bersihinnya ya? please help me..

    • halo,
      reputasi baidu memang agak tercoreng semenjak dia di bundling kedalam aplikasi-aplikasi tertentu. untuk menghapus file yang tidak dapat di hapus (biasanya karena file tersebut sedang berjalan di background) gunakan aplikasi “Unlocker”. Setelah terinstal, klik kanan pada file tsb kemudian klik “Unlock” > Delete. untuk masalah kompie yg jadi lambat, lelet, atau lama booting/shutdown, coba periksa start-up item nya (run > msconfig > tab startup dan tab services > centang hide all microsoft service) ilangin entry start-up yang nggak penting disitu.
      demikian dan semoga membantu. :)

  3. gan , mau minta petunjuk
    setiap saya masukin flasdisk di laptop saya selalu di shourcat , dan pada saat saya membersihkan selalu tinggal 4 folder kosong yang berisi I love u, dll
    mohon petyunjuk nya mas .
    thanks

  4. HAti- hati pake Baidu… Ternyata mengandung mallware berbahaya
    KAlo baru pertama instal dijamin kesengsem sama antivirus ini karena bikin komputer ngebut… setelah kira-kira 2 bulanan, komputer saya mengalami kecepatan yang bener-bener lemot padahal ini kompi bukan spek abal abal… akhirnya dari saran temen-2 suruh kurangin program-program yang gak kepake termasuk game-game berat… udah uninstall program dikurangi sampe sekitar 300GB tetep aja lemot, Tapi anehnya sewaktu jalanin program baidu buat scan antivirus…saat proses scan kompiku jadi lancar gak ada yang hang lagi… saat proses scan slesai kompi jadi macet lagi…. CAri-cari info di internet ternyata udah banyak korbannya si BAIDU ini… akhirnya ak uninstal sekarang n udah lancar lagi…. ALhamdulillah untung belum jadi instal ulang kompi ini, untung juga ak belum ganti harddisk karena ak kira hardisk bad sector…..

  5. pc ane isinya banyak produk baidu dan semua sangat membantu

  6. ane pake di pc lumayan enak dipake

  7. mas , mau tanya , di komputer saya sering muncul gambar -gambar tulisan cina , dan itu sangat menggaggu , biasanya 5 menit muncul lagi, dan ada gambar seperti game d an tulisannya baidu, gimana cara menghilangkannya?karna saya merasa terganggu .terima kasih atas bantuannya

  8. udah pake dan sejauh ini memuaskan

  9. Pholly Santos

    saya mau download antivirus Baidu bisa tapi install perluh internet lag bagaimana dengan caranya

Leave a Comment