Software Esensial Gratis Untuk Laptop

Ditulis oleh Beri komentar Lihat komentar

Anda barusan melakukan instal ulang laptop atau netbook? Jika iya, maka mungkin anda perlu untuk menyimak tulisan dalam posting kali ini. Dalam posting ini, saya akan memberikan rekomendasi software pilihan (edisi 2013) yang dapat anda install kedalam laptop anda. Software yang saya cantumkan disini adalah software gratis (freeware) serta memfokuskan pada fungsionalitas.

Setelah anda selesai melakukan instalasi laptop atau netbook, pastikan anda juga menginstal driver / pengandar untuk seluruh komponen didalam laptop atau netbook tersebut, tujuannya tidak lain adalah memastikan laptop anda memiliki kinerja yang maksimum.

Internet

Aplikasi atau software internet kita kategorikan menjadi 3, yaitu browser atau perambah web, plugins, dan yang terakhir adalah download manager.

Browser

1. Mozilla Firefox

Semua orang sudah pasti kenal dengan browser yang satu ini karena memberikan kemudahan dan melindungi keamanan anda saat anda melakukan surfing di internet. Tidak salah sehingga saya juga merekomendasikan penggunaan browser ini di laptop anda.

Download : https://www.mozilla.org/en-US/products/download.html

2. Google Chrome

Browser besutan google ini juga tidak kalah pamor dengan Firefox. Chrome terkenal “kencang” saat menjelajahi jagad internet, selain itu juga memiliki antarmuka yang intuitif dan mudah digunakan.

Download : https://www.google.com/intl/id/chrome/browser/

Plugins

Plugins adalah aplikasi tambahan yang dapat memperkaya fungsionalitas browser seperti kemampuan untuk menampilkan video streaming atau menampilkan berkas pdf.

1. Flash Player

Sebagian besar web yang menyediakan video streaming menggunakan membutuhkan flash player plugins. Tahukah anda, bahwa 10 game teratas pada Facebook menggunakan flash? :)

Download untuk IE:  http://download.macromedia.com/pub/flashplayer/current/support/install_flash_player_ax.exe

Download untuk browser lainnya: http://download.macromedia.com/pub/flashplayer/current/support/install_flash_player.exe

2.  PDF Lite

PDF Lite mampu menggantikan kemampuan adobe reader untuk urusan menampilkan dan membuat berkas PDF. Adobe Reader memiliki membutuhkan lebih banyak ruang harddisk pada saat di instal. Yang perlu dicatat adalah PDF Lite membundel aplikasi pihak ketiga (Yahoo Toolbar dan File Association Manager), oleh karena itu jangan lupa anda “meninggalkan” aplikasi tersebut pada saat anda menginstal PDF Lite.

Download : http://www.pdflite.com/download

Download manager

Untuk download manager freeware, pilihan saya jatuh pada Free Download Manager Lite. Free Download Manager memiliki kemampuan yang tidak kalah dengan download manager lainnya yang berbayar. Selain itu, Free Download Manager juga tidak membebani sistem.

Download : http://files.freedownloadmanager.org/lite/fdminst-lite.exe

Office Suite

Ada 2 pilihan software yang dapat anda gunakan untuk keperluan produktifitas kantoran yaitu LibreOffice atau Kingsoft Office.

1. LibreOffice

LibreOffice memiliki arsenal lengkap untuk keperluan kantor atau produktifitas saat anda menulis laporan, tidak kalah dengan Microsoft Office. LibreOffice memiliki wordprocessor Writer (seperti MS Word), Calc (seperti MS Excel), Impress (seperti MS PowerPoint), dan sebagainya.

Download : http://www.libreoffice.org/download

2. Kingsoft Office Free

KingSoft Office Free memiliki fitur esensial untuk kebutuhan kerja anda, terdiri dari word processor, presentasi, dan spreadsheet. Ukuran installer nya sangat ramping jika dibandingkan dengan office suite lainnya (dibawah 50 Mb). Tampilan nya juga cukup mudah digunakan.

Download : http://www.kingsoftstore.com/software/kingsoft-office-freeware

Multimedia

Software multimedia adalah salah satu elemen penting dalam sebuah komputer: digunakan untuk sekedar mendengarkan musik atau memutar video film kesayangan anda. Berikut software gratisan multimedia pilihan untuk laptop atau netbook anda.

1. AIMP

Semua orang juga mungkin sudah kenal dengan winAMP untuk keperluan mendengarkan musik. Namun jika anda hanya ingin mendengarkan musik, maka rekomendasi dari saya adalah AIMP. AIMP memiliki ukuran yang jauh lebih kecil jika di bandingkan dengan aplikasi sejenis dikelasnya. Namun ada fitur yang sangat menonjol dari AIMP yaitu ergonomis serta fungsional. Suara yang dihasilkan oleh AIMP juga sangat jernih dan nyaman didengar telinga.

Download : http://www.aimp2.us/aimp3-download.php

2. VideoLAN

Untuk urusan nonton film, saya sangat merekomendasikan penggunaan VideoLAN. VideoLAN adalah pemutar video yang mampu memainkan hampir seluruh format video populer saat ini seperti AVI, MP4, 3GP, MOV, MKV, dan sebagainya.

Download : http://www.videolan.org/vlc/index.html#download

Antivirus

Untuk antivirus, saya hanya punya satu kandidat yaitu : Avast Free Antivirus. Saya sendiri sudah membuktikan ketangguhan Avast secara pribadi. Avast memiliki deteksi yang cukup baik terhadap malware atau virus, selain itu juga cukup nyaman digunakan pada laptop atau netbook.

Download : http://www.avast.com/index

Utility

1. PeaZip

PeaZip adalah software gratisan yang bermanfaat untuk membuat atau melakukan ekstraksi berkas arsip (ZIP, RAR, 7ZIP, CAB, TAR, dan sebagainya).

Download : http://www.sourceforge.net/projects/peazip/files/

Tips : Download lah installer PeaZip yang memiliki nama file peazip-plain.

2. CCleaner

CCleaner adalah software “wajib” yang anda miliki pada laptop atau netbook. CCleaner memiliki fungsi untuk menghapus file-file residu / sampah yang dihasilkan pada saat kita menggunakan software yang terinstal di dalam komputer. Selain itu CCleaner juga mampu membersihkan entri registry yang tidak valid serta mengatur start-up item pada windows.

Download : http://www.ccleaner.com/

3. Daemon Tools Lite

Daemon Tools Lite adalah utility yang bermanfaat untuk memanajemen virtual cd/dvd, membuat image cd/dvd (ISO, MDF, dan sebagainya). Sangat bermanfaat bagi anda yang suka mengkoleksi DVD program atau film.

Download : http://www.disc-tools.com/download/daemon


Related Posts

Filed under

Software

| Tags:

Leave a Comment