Skimming – Berbagai Teknik Pencurian Data di ATM

Ditulis oleh Beri komentar Lihat komentar

Di Indonesia, sejumlah bank telah mengumumkan kerugiannya akibat aksi skimmer. Rinciannya:
* BCA: 200 nasabah dibobol dengan kerugian sekitar Rp 5 miliar
* BNI: 19 nasabah dengan kerugian sekitar Rp 200 juta
* BRI: 3 nasabah dengan kerugian sekitar Rp 48,5 juta.

Fantastis!! Laporan ini terjadi setelah nasabah bank-bank besar di Jawa dan Bali melaporkan hilangnya uang dari tabungan mereka (detik.com, 22 Januari 2010).

Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Sebenarnya banyak teknik dalam mendapatkan data konfidensial dari kartu ATM/kredit yang kita gunakan. Namun banyak prakteknya dilakukan dengan teknik skimming.

Menurut wikipedia skimming adalah process of speed reading that involves visually searching the sentences of a page for clues to meaning”. Nah, kalo di implementasikan di ATM, bisa disebut “curi-curi pandang”. Hehehe…

Namun bukan curi pandang biasa… Perhatikan gambar berikut  :

Waspada kalo ada “lubang kecil” diatas tombol ATM. Tampaknya biasa saja… Tapi setelah dibongkar, ternyata sebuah kamera, yang siap “curi-curi pandang” nomer PIN anda..

Ini tempat kita memasukkan kartu

Namun setelah dibongkar, ternyata tempat kita memasukkan kartu dipasang skimmer, yang berfungsi sebagai perekam data kartu yang dimasukkan.

Pada beberapa kasus, pelaku skimming juga menggunakan keypad palsu, yang mencatat transaksi dan PIN.

Wah lengkap sudah arsenal untuk memata-matai korban. Kadang kamera juga dipasang ditempat-tempat lain, misalnya tempat brosur, dan plafon.

Videonya…

http://www.youtube.com/watch?v=tS80yLWdOhA

http://www.youtube.com/watch?v=U0w_ktMotlo

http://www.youtube.com/watch?v=6Zq1oIq87pY

Buat yang pengen nonton, langsung aja ke Youtube nya :)

Inilah tips aman dari Dan DeFelippi (eks skimmer yang insyaf, hehehe) :

1. Salah satu ciri sebuah alat skimmer telah ditempelkan adalah bila Anda tidak melihat cahaya berpendar LED ketika Anda memasukkan kartu ke mesin ATM. Bisa jadi lampu LED tidak terlihat berpendar karena tertutupi oleh skimmer.

2. Waspadai kotak brosur yang mungkin menempel/di dekat ATM karena kotak brosur itu bisa jadi berguna untuk menutupi kamera tersembunyi untuk merekam gerakan jemari Anda menekan nomor PIN.

3. Biasakanlah menggunakan mesin ATM yang terdekat dengan kediaman/kantor Anda sehingga Anda familiar bagaimana mengoperasikannya dan mengetahui dengan cepat bila ada kejanggalan.

4. ATM drive-through adalah target bagus untuk pencuri identitas karena pengemudi seringkali merasa terburu-buru dengan pengantre lainnya sehingga tidak memberi perhatian lebih.

5. ATM teraman adalah yang berada di dalam bank atau toko yang ramai orang-orang.
6. Waspadalah bila ATM mengaku “rusak/out of order” sehingga uang tak bisa keluar, padahal Anda telah memasukkan kartu dan telah memasukkan PIN.

Waspadalah!

Sumber :

http://www.detiknews.com/read/2010/01/22/091037/1283742/10/saran-aman-ber-atm-dari-mantan-pembobol-rekening?991101605

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3190891


Related Posts

Filed under

Info Umum

| Tags:

Leave a Comment