adguard

Setting Optimal Adguard AdBlocker di Firefox

Ditulis oleh Beri komentar Lihat komentar

Adguard AdBlocker adalah addons Firefox yang berfungsi untuk melakukan blocking iklan pada saat kita sedang browsing internet, mirip seperti Adblock Plus, tapi menurut saya lebih ringan kinerjanya. Kendala utama dari Adguard AdBlocker adalah pengaturannya yang ribet. Nah, dalam posting kali ini, saya akan mencoba untuk menjelaskan cara setting optimal Adguard AdBlocker di Firefox.

Apa itu Adguard AdBlocker?

Adguard AdBlocker awalnya adalah sebuah aplikasi komputer yang bertugas untuk menghadang dan memblokir iklan pada saat kita browsing internet. Namun, dengan adanya dukungan addons/extension di browser, akhirnya Adguard AdBlocker juga dibuat sebagai addons/extension/plugin di berbagai browser kenamaan (Firefox, Chrome, Opera, dan sebagainya).

Awalnya saya menggunakan Adblock Plus untuk menghalau iklan, namun karena Adguard AdBlocker lebih terasa ringan dan nyaman saat digunakan untuk browsing, akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan Adguard AdBlocker saja.

Yang unik adalah, Adblock Plus dan Adguard AdBlocker developernya sama-sama berasal dari negeri Masha and Bear, Rusia! :)

Dalam tutorial kali ini, saya menggunakan browser Firefox versi 3.5.0.1. Akan tetapi, pengaturannya juga dapat di adaptasi untuk browser yang lain, seperti Chrome.

Instalasi Adguard AdBlocker

Untuk menginstal Adguard AdBlocker di Firefox, caranya sangat gampang kok. Silakan ikuti panduannya berikut ini :

Berikut keterangannya dalam bentuk gambar :

adguard-01

Add to Firefox

adguard-02

Install Now

adguard-03

Adguard AdBlocker Installed!

 Instalasi Adguard AdBlocker di Firefox sudah selesai!

Setting Optimal Adguard AdBlocker di Firefox

Tahap selanjutnya adalah meakukan setting optimal Adguard AdBlocker di Firefox agar browsing jadi lebih nyaman, bebas iklan, serta hemat kuota. Langkah-langkah settingnya adalah sebagai berikut:

Pertama, klik pada icon Adguard AdBlock adguard-icon di toolbar Firefox (letaknya di sebelah kanan atas), kemudian klik “Adguard Settings”. Sebuah tab kembali terbuka kalo sobat meng-klik menu Adguard Settings ini.

Adguard Settings

Adguard Settings

Pada bagian “General Settings” dan bagian “Ad Blocker”, ubah pengaturannya menjadi seperti ini :

adguard-general-settings

Keterangan :

  • Allow acceptable ads > x
  • Indicate number of blocked ads > x

Oke, selanjutnya, kita perlu menambahkan/subscribe ke filter list. Filter list favorit saya adalah Easylist, karena list ini mampu membasmi 98% iklan di internet :D

Klik pada “All Filters”, seperti yang saya tandai dengan kotak merah.

adguard-all-filters

Akan muncul banyak tulisan, tapi jangan bingung, klik saja pada tulisan “Adguard Filter” (paling atas) maka list Adguard akan tertutup, dan terlihat “Easylist”. Di bagian Easylist, beri tanda centang pada “Easylist” dan “ABPIndo”.

adguard-filter-settings

Scroll mouse kebawah, sampai sobat menemukan tombol “Save”. Klik Save, kemudian perhatikan bagian “Ad blocker”. Jika terlihat seperti gambar di bawah ini, maka setting nya sudah selesai!

adguard-done

Sekarang tinggal kita test browsing, pasti iklannya sudah lenyap semua! Cek perbedaannya di bawah ini… ^^

Sebelum pakai Adguard

Sebelum pakai Adguard

Sesudah pakai Adguard

Sesudah pakai Adguard

Detik bersih dari iklan! Hehehe… Oia, kalo ingin mendisable/menonaktifkan Adguard untuk situs yang sedang sobat kunjungi, silakan klik pada icon Adguard adguard-icon kemudian jadikan x pada “Enabled on this website”.

Contoh disable di fazar.net (tolong di disable ya, karena blog ini hidup dari iklan, hehehe).

Disable di fazar.net

Disable di fazar.net

Oke demikian sedikit ulasan tentang Adguard AdBlocker di Firefox. Kalo sobat pengen membaca pengaturan adblocking menggunakan Adblock Plus, silakan cek tutorialnya di posting saya yang bertema Adblock Plus Indonesia.


Incoming keywords

cara menggunakan adguard


Related Posts

Filed under

How-To

| Tags:

,

  1. Keren mas, sampe iklan di video youtube juga ilang! Thanks share nya, tob abiss!!

  2. ijin nyoba kakak
    ……
    ternyata emang TOPBGT
    yg pasang iklan nangis

    :D

  3. walaaah… amsyong, gimana nih nasib iklan adsense klo pengunjung pada pake ginian sifuuuuu…?! hiks..

Leave a Comment