ssd-vps

Review Rumahweb – Provider Web Hosting Indonesia

Ditulis oleh Beri komentar Lihat komentar

Pada pertengahan tahun 2008, saya di minta untuk me-manage sebuah website (termasuk domain dan hosting) milik sebuah instansi keuangan plat merah. Secara teknis, website yang saya manage ini adalah website statik dan tidak memiliki trafik yang terlalu besar.

header-logo-bg

Perjalanan saya menemukan Rumahweb

Dari sini, saya kemudian mencari-cari provider hosting yang pas secara budget dan teknis untuk “merumahkan” website milik instansi keuangan ini. Dan berdasarkan rekomendasi yang di berikan seorang teman (thanks to mas Yoyod @ banjart.com), akhirnya saya memutuskan untuk memberi kepercayaan pada Rumahweb.com untuk memfasilitasi proyek tersebut.

Review Rumahweb - Provider Web Hosting Indonesia

Website Rumahweb Indonesia

Spesifikasi hosting dan fitur yang ditawarkan dalam paket shared hosting Rumahweb secara teknis representatif dan dapat mengakomodasi kebutuhan saya. Dan akhirnya, saya saat itu menjatuhkan pilihan pada paket shared hosting dengan disk space sebesar 250 Mb.

Fitur utama yang di tawarkan pada paket shared hosting Rumahweb adalah kemudahan memanajemen hosting menggunakan control panel berbasis cPanel. Hal ini sangat memudahkan saya, karena saya sudah terbiasa bekerja dengan menggunakan web control panel seperti cPanel, DirectAdmin, dan Interworx.

Perlu di ketahui, bahwa sebelumnya saya pernah menggunakan beberapa provider lain yang cukup ternama, namun saya merasa kurang puas dengan kinerja shared hosting server yang mereka gunakan, karena sangat sering saya menemukan kasus dimana website yang saya hosting terasa lelet di akses (bahkan tidak dapat di akses karena servernya down) padahal provider-provider yang saya gunakan itu memberikan garansi uptime 99.99%.

Dengan kondisi seperti ini, sebenarnya saya agak ragu saat memilih Rumahweb, meskipun teman saya memberikan testimoni positif tentang Rumahweb.

Namun di luar dugaan, ternyata server shared hosting milik Rumahweb sangat mumpuni. Proses upload konten web berjalan dengan sangat cepat dan lancar, website dapat di akses dengan kecepatan maksimal (meskipun server shared hosting mereka berada di USA sana), serta sangat jarang terdapat downtime. Sebagian besar downtime yang terjadi bersifat planned downtime, misalnya untuk keperluan maintenance server, dan hal ini dapat saya maklumi.

Klien yang saya tangani juga sangat puas dengan kinerja website mereka yang selalu aksesibel dan dalam catatan saya, mereka tidak pernah sekali pun memberikan komplain negatif.

Sejak saat itu, saya mempercayakan hosting web dan domain (baik untuk keperluan personal, atau perusahaan) kepada Rumahweb. Karena saya yakin Rumahweb dapat mengakomodasi kebutuhan presentasi online saya, sehingga saya bisa lebih fokus untuk mengerjakan hal-hal lain dan menjadi lebih produktif.

Hampir 8 tahun saya menggunakan layanan Rumahweb, dan hampir selama itu pula saya tidak pernah mendapatkan kendala teknis yang berarti dalam me-manage domain dan hosting yang saya gunakan.

Review Rumahweb - Provider Web Hosting Indonesia

Bukti Saya Pelanggan Rumahweb :)

Review Dukungan / Support Rumahweb

Orang Rumah – sebutan staf Rumahweb – dapat di hubungi dengan berbagai macam cara : lewat sistem ticketing, online chat, telepon, dan mengisi formulir lewat web.

Dalam pengalaman saya selama menggunakan paket hosting dan domain, saya pernah menghubungi Orang Rumah beberapa kali lewat sistem tiket. Antara lain menanyakan pengaturan MX record agar saya bisa berkirim dan menerima email lewat server shared hosting milik Rumahweb.

Dan yang kedua saya menanyakan tentang perubahan IP address server shared hosting yang di lakukan tanpa notifikasi (saya menggunakan third-party DNS, dan menggunakan A record yang mengarah ke server shared hosting).

Kedua tiket di respon Orang Rumah dalam waktu yang relatif singkat dan mereka mampu memberikan petunjuk yang mudah saya mengerti. Dari sini, saya bisa mengetahui bahwa tim teknis Rumahweb adalah memang orang-orang yang memiliki kompetensi di industri hosting.

Khusus untuk live chat, saya sering sekali menggunakan fasilitas ini untuk menghubungi Orang Rumah, karena saya bisa bertanya secara langsung kepada Orang Rumah. Terutama pada saat saya melakukan registrasi atau pembaruan domain.

Saya adalah tipikal orang yang agak malas mengisi form konfirmasi atau mengirim SMS konfirmasi – biasanya saya langsung saja menghubungi Orang Rumah yang mengurusi billing lewat chat. Alhasil, proses renewal atau registrasi domain bisa menjadi lebih cepat. Hehehe…

Review Shared Hosting Rumahweb

Sebagaimana yang telah saya sampaikan pada bagian awal post ini, bahwa Rumahweb memiliki beberapa paket shared hosting yang bisa sobat pilih spesifikasinya untuk mengakomodasi keperluan sobat – mulai dari paket Personal, Profesional, dan Enterprise.

Untuk sobat yang mengurus di level korporat, terdapat juga semi-managed hosting yang bisa di gunakan untuk “merumahkan” beberapa website atau menggunakannya sebagai mailserver.

Selain paket-paket hosting yang variatif, sobat juga dapat memilih lokasi server yang akan di gunakan. Dalam catatan saya, Rumahweb memiliki server di tiga lokasi : Indonesia, Singapura, dan USA.

Server shared hosting Rumahweb secara umum memiliki uptime yang acceptable – tidak murni 100% per bulannya, namun tetap bisa memenuhi ekspektasi saya. Dan dari segi stabilitas server, saya tidak memiliki keluhan sama sekali… bener-bener stabil!

FYI, saya pernah menggunakan 2 paket hosting profesional di Rumahweb, akan tetapi seiring berjalannya waktu dan bertambahnya visitor web yang saya manage, saya terpaksa memindahkan web-web saya ke VPS. Karena saya agak khawatir, web-web ini bisa menggunakan shared resource secara berlebihan, yang ujung-ujungnya bisa menyebabkan paket hosting saya ter-suspensi.

Bagaimana dengan layanan VPS yang ditawarkan Rumahweb?

Well, untuk yang satu ini saya tidak bisa memberikan testimoni atau review, karena saya memang belum pernah menggunakan layanan VPS yang di tawarkan oleh Orang Rumah.

Lokasi node VPS berada di Indonesia, yang notabene selalu terkendala di biaya operasional dan harga bandwidth yang tinggi. Mungkin inilah yang menjadi alasan mengapa biaya sewa bulanan Rumahweb menurut saya kurang affordable.

Review Rumahweb - Provider Web Hosting Indonesia

Daftar Domain Saya di Rumahweb. Hey, termasuk fazar.net loh!

Simpulan

Rumahweb adalah salah satu provider yang bisa di percaya dan di dukung operasionalnya oleh orang-orang yang memiliki kompetensi baik di bidangnya masing-masing. Sesuai dengan tagline mereka : painless hosting solution, Rumahweb sepertinya selalu mencoba untuk memberikan layanan terbaik untuk pelanggannya.

Meskipun saya tidak lagi berlangganan shared hosting di Rumahweb, namun saya tetap mempercayakan Rumahweb sebagai registrar seluruh domain (kurang lebih 10 domain) yang saya manage di Rumahweb.


Related Posts

Filed under

VPS

| Tags:

, ,

  1. Saya juga pelanggan Rumahweb, dan saya senang dengan keramahan staf Rumahweb. Pokoke, recommended seller deh! :)

  2. weh ternyata banyak juga domainnya di RumahWeb :D

    • hampir semua domain yg saya manage saya parkir di rumahweb. pertimbangannya adalah harga renew dan order barunya lebih murah.

  3. KarenaLupa.com

    saya jg pakai rumahweb dan juga coba di niagahoster. apalagi kemarin ada event bagi domain gratis dot id :)

Leave a Comment