Ada banyak request yang di sampaikan kepada admin fazar.net untuk memberikan review NIAGAHOSTER  – ada yang request di komentar blog, ada yang via Facebook, dan sebagainya. Admin secara pribadi memang sudah lama mengenal nama brand hosting provider yang satu ini namun belum pernah mencoba layanan hosting dari NIAGAHOSTER.

Admin sendiri sudah memasukkan NIAGAHOSTER kedalam to-do list untuk di review karena admin cukup penasaran dengan banyaknya komentar dari teman-teman yang menyebutkan bahwa pelayanan di NIAGAHOSTER sangat memuaskan.

Oleh karena hal itulah akhirnya admin memutuskan untuk mencoba langsung layanan hosting (dalam hal ini shared hosting) dari NIAGAHOSTER untuk mendapatkan jawaban dari rasa penasaran tersebut dan bisa menuliskan reviewnya di blog ini.

Review Lengkap Paket Shared Hosting NIAGAHOSTER

Halaman depan NIAGAHOSTER

Review Latar Belakang NIAGAHOSTER

NIAGAHOSTER adalah bagian dari Hostinger Group. Sebuah grup yang sudah malang melintang dan memiliki nama di ranah industri hosting internasional. Bagi yang sudah lama “bermain” di bidang hosting, pasti sudah sangat mengenal nama Hostinger, karena Hostinger menawarkan layanan hosting gratis. Yup, 100% gratis! Meskipun memiliki banyak keterbatasan fitur.

Selain berkiprah di dunia free hosting, Hostinger juga menawarkan solusi layanan hosting premium yang dari segi teknis menawarkan stabilitas, fitur yang lebih lengkap, dan support yang lebih mumpuni.

NIAGAHOSTER mungkin adalah bagian dari solusi hosting premium yang di tawarkan oleh Hostinger untuk Indonesia. Sebagai veteran di dunia industri hosting, latar belakang Hostinger di NIAGAHOSTER dapat menjanjikan layanan hosting yang lebih baik dan bisa bersaing di pasar hosting tanah air.

Review Lengkap Paket Shared Hosting NIAGAHOSTER

Untuk review kali ini, admin memilih Paket Hosting Pelajar yang di bundel dengan biaya  81.967 IDR per bulan untuk siklus pembayaran 6 bulanan dan server shared hosting di Singapore.

Jika sedang diskon, sobat bisa memilih siklus pembayaran bulanan (yearly payment cycle) maka sobat akan mendapatkan harga bulanan yang lebih murah (kisaran 44.800 IDR per bulan).

Review Lengkap Paket Shared Hosting NIAGAHOSTER

Daftar harga shared hosting Singapore – NIAGAHOSTER

Namun perlu di catat bahwa biaya tersebut harus di tambahkan pajak pertambahan nilai sebesar 10% karena pemerintah mewajibkan provider hosting untuk melakukan pungutan pajak.

Secara umum, biaya sewa hosting di NIAGAHOSTER sangat kompetitif jika di bandingkan dengan provider hosting lainnya. Selain biaya yang relatif kompetitif, NIAGAHOSTER juga menawarkan banyak fitur hosting.

Order hosting dapat di lakukan secara langsung lewat website NIAGAHOSTER. NIAGAHOSTER memiliki banyak (bahkan menurut saya sangat banyak) opsi pembayaran order hosting.

Bisa menggunakan kartu kredit, PayPal, transfer bank lokal, Mandiri ClickPay, pembayaran virtual account via ATM, bahkan ada opsi pembayaran lewat Indomaret dan Alfamart. Pokoknya lengkap!

Paket hosting Pelajar dari NIAGAHOSTER yang admin gunakan memiliki spesifikasi sebagai berikut:

  • Unlimited space
  • Unlimited bandwidth
  • Unlimited POP3 email
  • Unlimited databases
  • 10 addons domain
  • cPanel control panel
  • Instant backup
  • Free SSL (Let’s Encrypt) dan Free domain (selama berlangganan)

Wah, serba unlimited ya! Secara teknis sebenarnya tidak ada hal yang unlimited, dan hal ini di jelaskan di dalam halaman syarat dan ketentuan NIAGAHOSTER.

Di sana di jelaskan bahwa tidak ada batasan penggunaan space, bandwidth, dan sebagainya. Selama tersedia resource yang cukup pada server dan selama aktivitas kita tidak mengganggu pengguna lainnya di dalam server yang sama. Menurut admin penjelasan ini cukup fair dan bisa dipahami.

Ada beberapa alasan kenapa admin memilih lokasi shared hosting Singapore, di antaranya adalah sebagai berikut:

#1. Lokasi geografis

Secara geografis lokasi Singapura berada di antara Indonesia dan belahan dunia barat. Singapura memiliki banyak backbone internet yang terhubung langsung dengan internet exchange benua Asia, Amerika dan Eropa.

Singkatnya, website yang di rumahkan dengan menggunakan paket hosting NIAGAHOSTER yang berlokasi di Singapura dapat di akses lebih cepat dari dalam dan luar negeri. Dari posisi admin di Kalimantan, latensi ke server hosting NIAGAHOSTER yang berlokasi di Singapura berada di kisaran 30 – 35 ms. Latensi seperti ini sangat acceptable bahkan dapat di pastikan dapat di akses dengan lancar.

#2. Datacenter kelas dunia

NIAGAHOSTER merumahkan server hosting mereka di datacenter Ascenix Singapore. Datacenter ini memiliki reputasi yang cukup baik dan memiliki konektivitas langsung dengan dukungan direct peering ke China Telecom, Telstra, NTT, Pacnet, PCCW, Telecom Malaysia, VSNL, France Telecom, T-System, dan Verizon. Selain itu Ascenix memiliki interkoneksi lokal (Equinix, SingTEL, dan Starhub) yang dedicated.

#3. Mitigasi DDoS dan garansi uptime

Distributed Denial on Service (DDoS) adalah mimpi buruk pengelola website! Serangan DDoS dapat menyebabkan website sama sekali tidak dapat di akses. Kerugian akibat DDoS bisa berakibat fatal, terutama jika anda mengelola website e-commerce.

Untungnya, NIAGAHOSTER selalu monitoring keamanan dan proteksi DDoS secara pro-aktif. Dengan demikian, ancaman DDoS dapat di minimalisir dengan lebih baik.

Advertisement

Tidak banyak provider hosting yang memiliki fitur proteksi DDoS seperti ini. Kalau pun ada provider yang menawarkan proteksi DDoS, biasanya mereka akan meminta biaya tambahan.

Dari segi uptime, NIAGAHOSTER menjanjikan angka 99.98% dan jika anda kurang puas dengan layanan yang mereka tawarkan, tersedia opsi garansi uang kembali 30 hari.

Review Performa / Kinerja Shared Hosting NIAGAHOSTER

Seperti biasanya, setelah webhosting di aktifkan (proses aktivasi sekitar 15 menit setelah pembayaran order di konfirmasi), admin langsung tancap gas untuk memeriksa fitur-fitur di dalam panel kontrol hosting. Dalam hal ini, NIAGAHOSTER menggunakan panel kontrol yang sudah dikenal luas, yaitu cPanel.

Review Lengkap Paket Shared Hosting NIAGAHOSTER

cPanel hosting NIAGAHOSTER

Semua fitur esensial yang ada di butuhkan untuk me-manage website tersedia di cPanel hosting NIAGAHOSTER. Selain itu ada beberapa fitur pelengkap yang juga tidak kalah menarik yaitu integrasi dengan CloudFlare dan integrasi free SSL dari Let’s Encrypt.

Review Lengkap Paket Shared Hosting NIAGAHOSTER

Integrasi free SSL Let’s Encrypt

Begitu login di cPanel admin langsung menuju ke script auto-installer (Softaculous) dan langsung memasang web demo untuk review. Admin memilih CMS WordPress karena CMS ini sangat umum di gunakan pada website atau blog modern.

Proses instalasi menggunakan Softaculous di NIAGAHOSTER sangat mudah di lakukan – cukup klik-klik, jadi deh! Tidak lebih dari 30 detik untuk memasang WordPress. Selanjutnya admin memasang theme baru dan menambahkan konten demo kedalam instalasi WordPress tersebut.

 

Cukup responsif dan fast loading. Itulah kesan pertama saat admin mengakses website demo dengan menggunakan browser. Saat mengujicoba dengan menggunakan jaringan mobile, web demo tersebut juga dapat di load dengan cukup cepat.

Review Uptime Shared Hosting NIAGAHOSTER

Untuk memantau uptime performance, admin melakukan setup 2 monitoring. Yang pertama adalah monitoring port HTTP yang mampu mendeteksi ketersediaan layanan webserver.

Dan monitoring yang kedua, admin mengaktifkan ICMP monitor (juga di kenal dengan istilah ping monitor). Ping monitoring berfungsi untuk menentukan availability server berdasarkan latensi jaringan.

Review Lengkap Paket Shared Hosting NIAGAHOSTER

HTTP uptime monitoring NIAGAHOSTER

Kedua monitoring ini dapat sobat lihat secara langsung di halaman uptime monitoring fazar.net. Sejauh ini hasil monitoring menunjukkan status server hosting yang menjadi “rumah” wesbite demo memiliki kondisi uptime yang stabil.

Review Customer Supports NIAGAHOSTER

Dukungan pelanggan / customer support NIAGAHOSTER dapat di hubungi lewat beberapa cara. Tersedia live chat lewat website, sistem tiket, atau langsung via telepon di nomor 0274-2920443. NIAGAHOSTER menjanjikan customer support yang standby 24 jam non-stop!

Sewaktu paket webhosting yang admin gunakan telah aktif, admin sempat mengirimkan beberapa pertanyaan ke customer support NIAGAHOSTER via support ticket. Admin mendapatkan respon dan balasan tiket sekitar 15 menit setelah tiket terkirim. Respon dari staf NIAGAHOSTER cukup ramah dan jawabannya memuaskan.

FYI, support ticket di NIAGAHOSTER terbagi menjadi 2 tipe. Pertama adalah ticketing untuk pelanggan bisnis dan yang kedua adalah ticketing untuk pelanggan standar. Keduanya memiliki perbedaan dari skala prioritas, namun bagi admin pribadi respon dari staf NIAGAHOSTER di support ticket tipe standar sudah cukup representatif.

Simpulan

Overall, NIAGAHOSTER cukup memenuhi ekspektasi dan harapan admin yang berharap bisa menemukan hosting provider dengan dukungan teknis mumpuni dan memiliki product knowledge yang baik.

Selain itu, NIAGAHOSTER menawarkan layanan shared hosting Indonesia dan shared hosting Singapore. Sobat bisa memilih lokasi yang ideal untuk kebutuhan masing-masing.

Admin merekomendasikan layanan shared hosting NIAGAHOSTER kepada para pengelola website yang membutuhkan hosting dengan kestabilan yang terjamin dan dengan tambahan perlindungan DDoS. Layanan shared hosting NIAGAHOSTER cocok untuk merumahkan website pribadi, forum kecil atau website perusahaan (portfolio perusahaan, company profile, dan sebagainya).

Demikian sedikit ulasan tentang paket shared hosting NIAGAHOSTER, semoga bisa menjadi referensi untuk sobat yang sedang memilih web hosting provider. :)

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *