Halo sobat fazar.net dimana saja kamu berada! Dalam kesempatan kali ini, admin akan mencoba memberikan review salah satu layanan webhosting di Indonesia yang brandnya sudah cukup bersinar di tanah air – Domainesia.com.

Awalnya admin mengira Domainesia hanya menawarkan registrasi domain saja. Akan tetapi setelah di cek lebih jauh di websitenya ternyata Domainesia bukan hanya menawarkan registrasi nama domain, tetapi juga menyediakan beraneka jenis layanan hosting.

Review Lengkap Paket Shared Hosting DomaiNesia

Review Lengkap Paket Shared Hosting DomaiNesia

Domainesia memiliki tagline “Cloud web hosting indonesia dan domain murah”. Beberapa jenis layanan yang ditawarkan Domainesia antara lain adalah shared hosting, virtual private server (VPS), sertifikat SSL, dan jasa migrasi hosting.

Nah, dalam tulisan singkat ini, admin akan mencoba memberikan review shared hosting dari Domainesia berdasarkan impresi selama 30 hari.

Review Lengkap Paket Shared Hosting DomaiNesia

Review Lengkap Paket Shared Hosting DomaiNesia

Domainesia menawarkan 2 jenis paket layanan shared hosting. Yang pertama adalah paket shared hosting personal, dan yang kedua adalah paket shared hosting bisnis.

Yang membedakan kedua jenis paket shared hosting ini adalah jumlah dan alokasi sumberdaya yang ditawarkan.

Shared hosting personal di tujukan untuk penggunaan pribadi, misalnya untuk hosting blog, e-commerce kecil-kecilan, dan sebagainya. Web space yang di tawarkan mulai dari 300 MB sampai dengan 5 Gb.

Sedangkan untuk hosting jenis bisnis memiliki sumber daya yang lebih besar. Web space yang di tawarkan untuk hosting bisnis 6 Gb sampai dengan 48 Gb. Pelanggan hosting bisnis juga memiliki alokasi penggunaan CPU dan memory yang lebih besar, namun harus di ingat bahwa sifat penggunaan resource hosting tetap bersifat shared.

Fitur unggulan yang terdapat pada paket shared hosting Domainesia:

  • Server menggunakan enterprise SSD
  • Bandwidth tidak di batasi / unlimited
  • Free SSL dari Letsencrypt
  • Garansi uptime 99.9%
  • Enterprise grade server
  • cPanel dengan fitur yang lengkap dan daily backup
  • Server hosting di 4 negara – Indonesia, Singapura, Jepang, dan United States
Review Lengkap Paket Shared Hosting DomaiNesia

cPanel Shared Hosting DomaiNesia

Review Harga Shared Hosting Domainesia

Domainesia menawarkan paket shared hosting dengan harga yang boleh di bilang murah! Mulai dari 8.000 IDR per bulan.

Tapi harus di garis bawahi bahwa harga yang tertera di website Domainesia adalah harga yang di bayarkan dalam siklus tahunan (annually). Untuk siklus pembayaran bulanan (monthly) harganya memang lebih tinggi daripada harga yang tertera.

Meskipun demikian, menurut admin pribadi harganya masih cukup terjangkau. Lebih murah jika di bandingkan dengan harga sebungkus rokok. Hehehe…

Proses pemesanan hosting di Domainesia sangat mudah di lakukan, cukup order paket hosting sesuai keinginan, lakukan pembayaran dan silakan konfirmasi order melalui halaman konfirmasi yang tersedia di website Domainesia.com.

Berdasarkan pengalaman admin, paket shared hosting aktif setelah 10 sampai 15 menit setelah proses konfirmasi di lakukan.

Review Lengkap Paket Shared Hosting DomaiNesia

Dashboard Akun DomaiNesia

Review Performa / Kinerja Shared Hosting Domainesia

Untuk review kali ini, admin menggunakan paket shared hosting Extra yang memiliki web space 750 Mb, unlimited domain, dan 5 addons domain. Keterbatasan paket Extra adalah tidak terdapat beberapa fitur tambahan (misalnya fitur memcached, nodejs, ssh, dan sebagainya).

Advertisement

Paket ini di pesan dan aktif pada tanggal 26 September 2017 dan berakhir pada 26 Oktober 2017 (30 hari untuk review)

Untuk lokasi server admin memilih lokasi Jakarta dan di tempatkan pada server dengan hostname Hylia. Meskipun berlokasi di Indonesia, admin tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak dari dompet untuk membayar paket hosting ini. Cukup 20K untuk sebulan!

Paket shared hosting seperti ini sudah mencukupi untuk “merumahkan” blog pribadi, website yang tidak terlalu banyak pengunjung atau forum kecil-kecilan.

Setelah paket hosting yang admin pesan sudah diaktivasi, admin langsung deploy sebuah website berbasis wordpress yang sudah di isi dengan custom theme dan demo contents.

Instalasi wordpress dapat di lakukan dengan mudah lewat fitur script auto-installer (Softaculous) pada halaman cPanel.

Saat di akses, website tersebut cukup responsif dan fast loading baik pada saat di akses menggunakan browser desktop, maupun pada saat di akses dengan menggunakan perangkat mobile (tablet atau smartphone).

Untuk memantau uptime server, admin melakukan setup HTTP monitoring dengan menggunakan uptime monitor pihak ketiga / third party monitor.

Secara teknis, HTTP monitoring akan melakukan pemeriksaan pada port 80. Jika server hosting mengembalikan response 200 OK, maka server akan di asumsikan dalam kondisi UP.

Sedangkan jika saat di cek server tidak memberikan response 200 OK (client error response 4xx atau server error response 5xx) atau tidak merespon dalam waktu 30 detik (timed out) maka server hosting akan di asumsikan dalam kondisi DOWN.

Kriteria penilaian HTTP monitoring menitikberatkan pada kualitas network dan response dari webserver itu sendiri.

Hasil monitoring uptime dapat di lihat pada gambar di bawah ini:

Review Lengkap Paket Shared Hosting DomaiNesia

DomaiNesia Paket Hosting Extra – 99.01% HTTP Uptime

Terindikasi beberapa kali port HTTP gagal memberikan response yang di harapkan. Pada saat port HTTP terindikasi down, page loading akan terasa sangat lamban atau tidak dapat di akses sama sekali pada browser.

Review Lengkap Paket Shared Hosting DomaiNesia

HTTP uptime monitoring dashboard

Admin mencoba melakukan pemeriksaan ke halaman status server Domainesia dan melihat server masih dalam keadaan up. Kemungkinan besar terjadi permasalahan jaringan atau webserver tidak bisa memenuhi seluruh HTTP requests yang sedang berlangsung pada saat itu.

Review Lengkap Paket Shared Hosting DomaiNesia

Review Customer Supports Domainesia

Admin sempat menghubungi staf dukungan pelanggan Domainesia.com.

Pertama pada saat pre-order via online chat. Saat itu saya menanyakan beberapa hal teknis kepada customer service, dan saya mendapatkan jawaban yang ramah dan cukup jelas. Setiap pertanyaan yang saya sampaikan di jawab dalam waktu 2 – 3 menit.

Kedua, saya menghubungi customer service melalui support ticket untuk meminta bantuan perubahan data pelanggan. Tim Domainesia memberikan respon ticket dalam waktu 3 – 5 menit. Support dari Domainesia bahkan menelepon saya secara langsung untuk mengkonfirmasi bahwa masalah saya sudah dapat di atasi.

Great! Senang rasanya saya di layani oleh tim support yang berdedikasi dan memiliki product knowledge yang baik.

Simpulan

Domainesia bisa menjadi rujukan sobat jika membutuhkan shared hosting yang biayanya terjangkau, cost-effective dan di dukung oleh customer support yang siap membantu.

Pastikan sobat memilih paket shared hosting yang sesuai dengan kebutuhan. Jika sobat hanya ingin nge-blog atau membuat situs pribadi, maka sobat bisa memilih paket personal hosting.

Sedangkan jika sobat ingin “merumahkan” website produksi yang bersifat kritikal atau website untuk perusahaan, sebaiknya sobat memilih shared hosting untuk bisnis. Karena shared hosting bisnis yang di tawarkan oleh Domainesia memiliki resource yang lebih besar, lebih banyak fitur, dan mampu mengakomodasi pengunjung website yang jumlahnya banyak.

Oke, sekian dulu review Domainesia.com dari admin fazar.net. Semoga bisa memberikan manfaat buat sobat yang sedang mencari referensi web hosting di Indonesia.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *