Hostinger cukup sukses di kenal karena “keberanian” mereka menawarkan layanan hosting gratis tanpa iklan lewat brand 000webhost.com. Kesuksesan di layanan hosting gratis juga memberikan dampak positif luar biasa pada layanan berbayar yang juga mereka tawarkan.

Hostinger juga mendapatkan sambutan yang baik di tanah air, oleh karena itulah akhirnya Hostinger juga membuka perwakilan di Indonesia dan kemudian menawarkan layanan hosting dengan dukungan native Indonesia.

review-lengkap-layanan-shared-hosting-hostinger-indonesia

Halaman depan website Hostinger Indonesia

Ada beberapa permintaan yang disampaikan kepada admin fazar.net untuk melakukan review produk shared hosting dari Hostinger Indonesia. Nah, atas dasar hal itulah, dalam kesempatan kali ini admin akan memberikan ulasan singkat layanan shared hosting dari Hostinger Indonesia.

Review Lengkap Layanan Shared Hosting Hostinger Indonesia

review-lengkap-layanan-shared-hosting-hostinger-indonesia

Daftar harga paket hosting (13 Desember 2017)

Saat ini, ada tiga paket layanan shared hosting yang di tawarkan oleh Hostinger Indonesia, yaitu:

Web Hosting Single

Paket web hosting single di tawarkan dengan harga paling terjangkau (akan lebih murah jika memilih siklus pembayaran tahunan). Paket ini dapat mengakomodasi sebuah website dan memiliki keterbatasan disk space, bandwidth, database, dan fitur-fitur lainnya. Ideal di gunakan jika sobat ingin merumahkan sebuah blog atau website pribadi yang jumlah pengunjungnya tidak terlalu banyak.

Web Hosting Premium

Paket web hosting premium memiliki kelebihan berupa diskspace, bandwidth, database, dan fitur-fitur lainnya yang tidak di batasi (unlimited). Selain itu fitur lainnya yang membedakan antara paket single dan premium adalah paket ini di optimasi untuk WordPress serta ada free SSL dan domain jika sobat membayar dengan siklus tahunan (yearly payment).

Web Hosting Bisnis

Web hosting bisnis di rancang untuk memenuhi kebutuhan hosting perusahaan. Fiturnya mirip dengan paket hosting premium, namun dengan tambahan backup harian, dedicated live support, dan alokasi sumberdaya / resource yang lebih besar. Paket hosting bisnis ideal untuk para pelaku bisnis dan website yang memiliki jumlah pengunjung tinggi.

Untuk review kali ini, admin fazar.net memilih paket Web Hosting Premium yang di order dan aktif pada pertengahan bulan Desember 2017 dan server yang berlokasi di Singapura.

Review Lengkap Layanan Shared Hosting Hostinger Indonesia – Harga dan Pembayaran

Jika di lihat dari aspek fitur yang di tawarkan, admin menilai harga sewa shared hosting di Hostinger Indonesia masih cukup terjangkau. Hostinger menawarkan diskon yang bersifat progresif, dalam artian diskon akan bertambah besar jika sobat memilih siklus pembayaran yang lebih lama.

review-lengkap-layanan-shared-hosting-hostinger-indonesia

Opsi pembayaran order di Hostinger Indonesia

Ada beberapa metode pembayaran yang di terima oleh Hostinger Indonesia, antara lain PayPal, transfer bank lokal, kartu kredit, Doku Wallet (bisa di isi di gerai Alfamaret), voucher, dan cryptocurrency (bitcoin). Proses aktivasi paket hosting membutuhkan waktu 10 – 15 menit setelah pembayaran di konfirmasi.

Review Lengkap Layanan Shared Hosting Hostinger Indonesia – Kinerja / Performa Server

Web hosting premium yang saya order di Hostinger memiliki server yang berlokasi di Singapura, sehingga latensi ke Indonesia relatif kecil (dari tempat saya di Banjarmasin berada di kisaran 20 – 30 ms). Sehingga akses ke website dan kontrol panel terasa cukup cepat dan responsif.

Setelah paket hosting di aktifkan, admin langsung menuju dashboard dan control panel website. Nah, buat sobat yang pernah menggunakan free hosting dari Hostinger, maka sobat sudah pasti terbiasa dengan control panel paket hosting berbayar ini, karena control panel-nya identik dengan yang di gunakan pada paket free hosting.

review-lengkap-layanan-shared-hosting-hostinger-indonesia

Web control panel milik Hostinger Indonesia

Semua fitur esensial terdapat di control panel milik Hostinger ini, termasuk fitur switching versi PHP. Jika sobat sudah terbiasa dengan cPanel, maka beradaptasi dengan control panel Hostinger adalah sebuah hal yang mudah.

Advertisement

Selanjutnya admin mencoba melakukan instalasi web demo (WordPress) untuk menguji kinerja shared hosting milik Hostinger. Proses instalasi WordPress (dan CMS lainnya) dapat di lakukan dengan mudah lewat menu “Auto Installer” di control panel.

Cukup isikan data-data yang di perlukan, kemudian klik “Install”, maka proses instalasi CMS akan segera di mulai. Proses instalasi WordPress yang saya lakukan membutuhkan waktu sekitar 15 menitan, cukup lama! Dan tidak ada indikator / keterangan yang mengindikasikan sampai dimana atau berapa persentase progres instalasi CMS sudah berlangsung.

review-lengkap-layanan-shared-hosting-hostinger-indonesia

Menu auto-install script / CMS

Setelah instalasi WordPress selesai, selanjutnya admin langsung geber dengan memasang SSL agar website demo nantinya bisa di akses lewat HTTPS. Proses integrasi SSL dapat di lakukan dengan mudah lewat menu SSL. Cukup dengan klik install, maka secara otomatis sistem akan memasang SSL yang di terbitkan oleh LetsEncrypt. Sertifikat SSL yang di generate akan valid selama 90 hari, dan sepertinya sistem sudah memiliki mekanisme renew otomatis.

Berikut adalah video kinerja website demo yang menggunakan domain idhreview.com

Review Lengkap Layanan Shared Hosting Hostinger Indonesia – Uptime

Saat paket hosting telah aktif, admin juga melakukan setup untuk monitoring server IDHostinger. Ada 2 jenis monitor uptime yang admin buat, yaitu port monitoring dan ping monitoring. Berdasarkan data monitor, terdeteksi adanya beberapa kali downtime dalam kurun waktu review di buat (13 Desember 2017 – 6 Januari 2018). Pada tanggal 24 Desember dan 29 Desember terjadi downtime selama 3 jam.

review-lengkap-layanan-shared-hosting-hostinger-indonesia

Uptime monitoring Hostinger – ICMP monitor

Uptime monitor dapat di akses secara publik di halaman berikut ini.

Review Lengkap Layanan Shared Hosting Hostinger Indonesia – Layanan Teknis

Jujur saya belum pernah menghubungi tim layanan teknis IDHostinger / Hostinger Indonesia. Sebenarnya saya sudah memiliki beberapa list pertanyaan, akan tetapi semua pertanyaan tersebut ternyata sudah di dokumentasikan dengan baik di knowledgebase.

Knowledgebase dapat di akses pada halaman dashboard dan control panel di bagian pojok kanan bawah. Hampir semua hal-hal teknis telah di dokumentasikan dan bisa di akses dengan mudah oleh pelanggan Hostinger. Cukup ketikkan keyword yang sobat cari, maka hasilnya akan di tampilkan dengan jelas.

review-lengkap-layanan-shared-hosting-hostinger-indonesia

Knowledgebase bisa di akses dengan mudah!

Simpulan

Hostinger sudah memiliki kiprah yang panjang di industri hosting, oleh karena itu kredibilitas mereka sudah pasti teruji dan matang.

Paket shared hosting yang ditawarkan juga bisa mengakomodasi kebutuhan end-user dari entry pemula yang ingin belajar membuat dan me-manage website, sampai dengan entry bisnis. Semua paket di tawarkan dengan harga yang reasonable. Dari segi kinerja dan uptime, menurut admin pribadi masih cukup baik dan dapat di gunakan untuk merumahkan website-website yang sifatnya tidak kritikal.

Sekian review singkat untuk shared hosting dari Hostinger Indonesia, semoga bisa bermanfaat ya!

 

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *