agomo-icon

Review Agomo : Optimalisasi Kinerja Komputer Berbasis Cloud

Ditulis oleh Beri komentar Lihat komentar

Saat bangun tidur tadi pagi, saya menyempatkan diri untuk memeriksa email yang masuk ke mailbox saya. Saya mendapati email undangan untuk melakukan icip-icip Agomo – salah satu produk berbasis cloud yang ditawarkan oleh Piriform (perusahaan pengembang software CCleaner dan Defraggler). Para teknisi komputer / IT pasti sudah mengetahui fungsi dan kehebatan kedua software tersebut (CCleaner dan Defraggler).

Introduksi

CCleaner adalah software kecil yang berfungsi untuk meng-optimalisasi kinerja komputer dengan cara menghapus “jejak internet”. menghapus berkas-berkas sampah, dan menghapus entri registri yang tidak valid pada komputer. Penggunaan CCleaner secara berkala dapat membantu komputer berjalan dalam kondisi yang prima (tidak nge-hang, tidak lemot, dan melindungi privasi sobat).

Sedangkan Defraggler adalah software kecil yang dapat melakukan proses defragmentasi file-file didalam komputer secara efisien. Fragmentasi yang berlebihan dapat menjadikan komputer sobat lemot dan berat pada saat menjalankan aplikasi-aplikasi tertentu. Defraggler dirancang untuk mengatasi masalah fragmentasi tersebut dengan mudah (cukup 2 kali klik mouse untuk melakukan defragmentasi).

Kombinasi penggunaan CCleaner dan Defraggler secara teratur dapat secara signifikan meningkatkan kinerja komputer. Agomo menyatukan “kekuatan” CCleaner dan Defraggler ke level cloud – sehingga sobat dapat dengan mudah melakukan pembersihan berkas yang tidak terpakai, melakukan optimalisasi, dan memonitor kinerja komputer (atau beberapa komputer sekaligus) dengan menggunakan antarmuka web. Ya, sobat dapat mengendalikan CCleaner dan Defraggler (dan beberapa fungsi lain) dengan menggunakan web browser kesayangan sobat!

agomo-intro

Prerequisite

Mau ikutan jadi pengguna Agomo? Silakan daftarkan diri disini : https://agomo.com/

Jika sobat sudah terdaftar dalam program betatest Agomo, sobat dapat mengikuti langkah-langkah selanjutnya pada tulisan ini :)

Sebelum sobat menggunakan Agomo dan meng-instal Agomo Agent (software untuk menghubungkan PC client ke internet/cloud), sobat harus memastikan hal-hal berikut ini :

  • Pada komputer klien harus sudah terinstal Defraggler dan CCleaner
  • Klien terhubung dengan baik ke internet
  • Jika klien menggunakan firewall, mungkin harus dilakukan pengaturan pada firewall agar klien bisa berkomunikasi ke server Agamo

Agomo Step-by-step

Setelah terdaftar, maka sobat dapat login ke Agomo dengan meng-klik tautan berikut ini. Pada saat sobat pertama kali login, maka sobat akan diminta untuk menambahkan komputer klien. Sobat dapat memilih untuk mengunduh installer Agomo (Agomo Agent) untuk komputer berbasis Windows secara umum, atau meng-unduh installer Agomo yang sudah di setting untuk terhubung dengan akun sobat.

Silakan pilih installer sesuai selera! :)

Sebagai betatester, sobat dapat menginstal Agomo up to 10 komputer. Secara singkat, sobat dapat mengatur 10 komputer dari web secara online. Keren kan?

Agomo - Add Computer

Agomo – Add Computer

Oke, selanjutnya sobat dapat menginstal Agomo pada komputer klien (dalam contoh ini komputer klien Agomo yang saya pakai bernama “EDP”).

Agomo - Client System Tray

Agomo – Client System Tray

Setelah sukses terinstal, atur agar Agomo Client pada komputer tersebut agar dapat terhubung ke server Agomo dengan menggunakan Username dan Password yang sobat gunakan. Proses inisialisasi koneksi mungkin memerlukan beberapa menit.Jika hubungan klien ke server Agomo lancar, maka akan muncul notifikasi pada halaman antarmuka web Agomo, seperti pada gambar dibawah ini:

Konfirmasi menambahkan komputer klien

Konfirmasi menambahkan komputer klien

Silakan klik “Confirm” dan tunggulah beberapa saat. Jika proses konfirmasi selesai, selanjutnya akan muncul nama komputer klien dengan status “Online”. Silakan klik pada nama komputer klien untuk mengatur komputer tersebut secara online.Agomo – Summary

Agomo - Client Summary

Agomo – Tampilan Client Summary

Pada tampilan Summary, dapat kita lihat secara ringkas spesifikasi komputer klien, termasuk aktivitas penggunaan memory, CPU, bandwidth, proses yang sedang berjalan, penggunaan ruang penyimpanan, dan sebagainya (seperti yang sobat lihat pada gambar diatas).Catatan : Ya… saya tau, saya menggunakan OS jadul pada klien (Windows XP SP3) Hehehe… :PAgomo – HardwareUntuk menampilkan informasi yang lebih mendetail tentang spesifikasi hardware klien, sobat dapat meng-klik “Hardware”. Di halaman ini sobat dapat melihat-lihat tipe dan merk “jeroan” hardware komputer.

Agomo - Hardware Client

Agomo – Hardware Client

Agomo – SoftwarePada menu “Software” sobat dapat melihat lebih lanjut informasi OS dan software apa saja yang terinstal di komputer klien. Bahkan lebih dari itu, sobat dapat menginstal dan menghapus software di komputer klien secara online, menambah atau menghapus start-up items, dab masih banyak lagi! Silakan sobat explore sendiri! :)

Agomo - Client Softwares

Agomo – Client Softwares

Agomo – CCleanerNah, selanjutnya adalah menu “CCleaner”. Pada menu ini, sobat dapat melakukan “pembersihan” komputer dengan menggunakan CCleaner yang terinstal didalam komputer klien. Hebatnya, proses pembersihan akan di jalankan sebagai “background process” – yaitu proses akan berjalan tanpa sepengetahuan pemakai komputer klien.Sobat dapat menemukan dan menggunakan fitur-fitur utama pada CCleaner yang terinstal di komputer klien secara online dan realtime!

Agomo - CCleaner di komputer klien

Agomo – CCleaner di komputer klien

Kita tahu di CCleaner terdapat pembersih registry, nah di Agomo anda juga dapat membersihkan registry client.

Membersihkan Client Registry

Membersihkan Client Registry

Agomo – DefragglerSama seperti pada menu CCleaner, di menu “Defraggler” juga dapat sobat temui fitur software defraggler yang terinstal di komputer klien. Sobat dapat melakukan proses defragmentasi pada klien secara online. Proses defragmentasi juga akan di jalankan di background.

agomo-client-defraggler

Defraggler

Uhh.. sepertinya harddisk klien saya sudah mulai penuh dan penuh fragmentasi! :DAgomo – Events

Agomo - Events

Agomo – Events

Di menu Agomo “Events” terdapat catatan-catatan tentang aktivitas klien. Selain itu sobat juga dapat melakukan penjadwalan agar pembersihan dan defragment dapat dilakukan secara otomatis oleh Agomo.Selain fitur-fitur diatas, Agomo juga akan mengirimkan email kepada sobat jika terdapat masalah-masalah yang urgent (seperti kapasitas ruang harddisk yang hampir habis, fragmentasi dalam jumlah besar, dan sebagainya) sehingga kita dapat mengambil tindakan maintenance secara online pada klien.

Kesimpulan

Kombinasi antara Agomo + CCleaner + Defraggler adalah sebuah solusi yang mempermudah pekerjaan para IT dalam hal menangani perawatan / maintenance komputer secara masif dan online.IT tidak perlu lagi kesana kemari untuk mengurus dan melakukan optimasi sistem klien, karena semua pekerjaan tersebut dapat di selesaikan dengan menggunakan Agomo.Demikian sedikit review tentang Agomo Optimalisasi Kinerja Komputer Berbasis Cloud. Semoga bermanfaat! :)


Related Posts

Filed under

Software, Windows

| Tags:

,

Leave a Comment