PATH Environment Variable Error

Ditulis oleh Beri komentar Lihat komentar

Entah kenapa beberapa waktu lalu setelah melakukan update / upgrade Ubuntu server, tiba-tiba saya tidak dapat melakukan command auto-completion dengan menggunakan tombol tab. Sialnya lagi saat saya memasukkan beberapa command malah keluar tulisan :

Command ‘ls’ is available in ‘/bin/ls’
The command could not be located because ‘/usr/bin’ is not included in the PATH environment variable.

Setelah menjelajahi belantara internet, akhirnya saya menemukan jawaban dari forum Ubuntu. Si pembuat thread memiliki permasalahan yang sama, yakni terjadi path environment variable error.

Cara mengatasi masalah ini cukup sederhana yakni meng-eksport path environment variable yang baru dengan mengetikkan :

export PATH="/usr/local/sbin:/usr/sbin:/sbin:/usr/bin:/bin"

Oke.. bash command completion berjalan baik, dan saat memasukkan command tidak lagi terjadi kendala. Namun, ada masalah baru, yaitu saat logout dari shell, path environment nya kembali error karena mengalami reset. Alhasil, kita harus meng-eksport path yang sama setiap kali login.

:(

Untungnya ada cara permanen untuk memperbaiki path environment variable error ini. Caranya adalah buka .bashrc dengan editor kesayangan anda (misalnya # vim ~/.bashrc) kemudian tambahkan line berikut ini di akhir file tersebut :

export PATH="/usr/local/sbin:/usr/sbin:/sbin:/usr/bin:/bin"

Ketikkan perintah source ~/.bashrc dan terakhir silakan mencoba perubahannya dengan melakukan re-login (logout kemudian login kembali).

Case solved! :thumbup


Related Posts

Filed under

Ubuntu

| Tags:

,

  1. terakhir ngedit .bashrc untuk perintah android sdk dan baris export path android sudah saya hapus di .bashrc nya dan ngikuti tutorial abang, tetep gak bisa

    • tutorial ini idealnya digunakan untuk lingkungan linux desktop atau server. kemungkinan nggak kompatibel untuk environment android.

      • enggak maksud saya, saya instalasi android sdk di ubuntu.., dan saya ingin memasukkan path android melalui bashrc, tapi PATH Environmentnya malah error…,
        terus path android sudah saya hapus dari bashrc dan PATH Environmentnya masih error

Leave a Comment