Increase

Meningkatkan PageRank Blog Dalam Sebulan

Ditulis oleh Beri komentar Lihat komentar

Well, mendapatkan pagerank yang tinggi adalah cita-cita banyak blogger, karena pagerank yang tinggi menginterpretasikan bahwa blog yang bersangkutan cukup populer. PageRank adalah sebuah algoritma yang telah dipatenkan yang berfungsi menentukan situs web mana yang lebih penting/populer. Tutorial ini akan menjelaskan teknik lengkap persiapan membuat blog dan meningkatkan pagerank-nya dalam waktu hanya satu atau dua bulan!

Seberapa pentingkah pagerank dan proses meningkatkan pagerank?

Awalnya nilai pagerank ditentukan oleh jumlah backlink yang mengarah kedalam website tertentu. Backlink adalah link / alamat url suatu website yang terdapat diwebsite lainnya. Namun belakangan, Google melakukan perombakan terhadap algoritma yang digunakan untuk menentukan pagerank tersebut.

Algoritma pagerank yang baru memiliki kelebihan dimana halaman web dengan pagerank rendah bisa memiliki kesempatan mendapatkan peringkat pertama pada saat kita melakukan pencarian kata kunci tertentu, mengalahkan web lain yang memiliki pagerank lebih tinggi.

Kenapa hal ini bisa terjadi? Menurut pengamatan saya pribadi, hal ini disebabkan Google menjadi lebih selektif dalam menyeleksi dan menilai kualitas backlink yang merujuk ke sebuah alamat website, dan mencoba menjadi lebih objektif dalam menampilkan hasil pencarian sehingga hasil pencarian benar-benar “tepat sasaran” dan sesuai tema kata kunci yang di masukkan ke kotak pencarian google.

Pagerank dan proses meningkatkan pagerank menjadi hal yang tetap penting, karena pagerank menjadi parameter tersendiri yang menjadi tolak ukur penilaian kualitas dan popularitas sebuah website di jagad internet. Misalnya, para pemasang iklan akan tetap memilih memasang iklan di website atau blog yang memiliki pagerank tinggi. Mengapa hal ini bisa terjadi? Jawabannya mudah: pagerank tinggi = populer.

Ada 2 hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pagerank sebuah blog / website baru dalam sebulan, pertama adalah melakukan SEO on-page dan yang kedua adalah SEO off-page.

Apakah SEO itu?

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. Dalam bahasa sederhana, SEO merujuk pada proses optimasi sebuah website agar lebih mudah dan lebih banyak di indeks oleh mesin pencari. Tujuannya tidak lain adalah agar menjadi hasil pencarian teratas pada saat orang lain memasukkan keyword / kata kunci pada mesin pencari.

Pencarian teratas bermanfaat memperbesar kemungkinan pengguna internet untuk “berkunjung” ke blog / website kita. Karena pada umumnya pengguna internet akan mengunjungi hasil pencarian teratas pada saat melakukan pencarian frase atau kata kunci tertentu.

Semakin banyak pengunjung, maka semakin tinggi trafik kunjungan yang kita dapat. Hal ini menjadi acuan para pemasang iklan (advertisers termasuk didalamnya AdSense, dan sejenisnya) untuk memasang iklan di website yang kita kelola.

Faktor ini membantu dan mempermudah kita untuk melakukan web monetization alias menghasilkan pendapatan (uang) dari website atau blog yang kita kelola.

  • SEO on-page : optimasi SEO di dalam halaman utama blog atau website.
  • SEO off-page : optimasi di luar halaman utama blog atau website.

Lanjut ke SEO On-Page untuk meningkatkan pagerank blog baru atau blog pemula.

  1. Pilihlah tema bahasan (niche) yang sesuai untuk blog atau website anda. Jangan mencampur aduk konten dengan banyak tema, misalnya jika blog anda menggunakan tema komputer, maka tulislah posting-posting yang berhubungan dengan komputer saja.
  2. Setelah anda mendapatkan niche yang pas, gunakanlah nama domain yang pendek dan mudah diingat untuk blog anda dan tetap memiliki unsur niche yang anda targetkan. Sebagai contoh : www.tipskomputer.com, tipspcindo.com, tutorialkomputer.com dan lain-lainnya. Oia.. usahakan agar menggunakan domain dengan ekstensi .com, .net, .info, atau .org. Bagaimana dengan .web.id? Kalo bisa jangan deh.. :)
  3. Niche sudah ada, domain sudah ada, selanjutnya adalah pemilihan platform blogging. Anda bisa memilih 2 platform : blogger.com atau wordpress. Pilihlah sesuai keinginan anda. Jika anda memiliki budget terbatas, blogger.com bisa menjadi pilihan yang cukup baik.
  4. Setelah anda menentukan platform blogging, maka selanjutnya adalah menentukan tema (themes) blog yang akan dipakai. Kriteria memilih tema ada 3 hal: responsif / cepat di-loading, tidak banyak menggunakan atribut yang tidak penting, dan mudah dibaca. Hal ini penting karena mesin pencari akan memberi penalti kepada blog yang lambat diakses dan blog yang terlalu kompleks untuk diindeks. Gunakan themes yang tulisannya (typography) mudah dibaca, agar pengunjung betah membaca posting yang anda tulis.
  5. Semua sudah disetel! Selanjutnya adalah melakukan posting. Posting atau artikel yang anda tulis harus bersifat unik, tidak terdapat di blog lainnya (orisinal), menarik dan informatif. Tulislah artikel yang bermanfaat untuk anda dan juga bermanfaat untuk pengunjung anda. Tidak masalah menggunakan sedikit kata-kata yang provokatif untuk “memancing” feedback atau komentar dari pengunjung blog. Tulis artikel yang sering kita temukan dalam keseharian kita namun tetap memiliki relasi terhadap niche blog. Tulis sebanyak mungkin artikel karena makin banyak posting maka semakin banyak juga keyword yang dapat dijaring, namun tetap usahakan posting anda adalah posting yang berkualitas.
  6. Bersabar! Ya, bersabarlah… karena proses untuk mendapatkan pagerank yang tinggi memerlukan waktu dan usaha. Posting, posting, dan terus posting. Kesabaran akan berbuah manis :)

Tips agar dapat mem-boost pagerank untuk blog baru:

  1. Anda mahir bahasa inggris? Jika iya, tulislah artikel berbahasa inggris. Bahasa inggris adalah bahasa internasional, sehingga semakin banyak anda menulis artikel berbahasa inggris maka makin banyak orang dari seluruh penjuru dunia yang akan mampir ke blog anda. Artikel yang dapat anda pilih sebaiknya bersifat seperti panduan (how-to), e-book, tutorial dan review. Karena artikel bertipe seperti ini sangat banyak dicari.
  2. Optimasi themes blog yang anda gunakan, seperti menggunakan tag h1 untuk judul artikel dan hindari duplikasi konten. Anda dapat menemukan tutorialnya disini.
  3. Gunakan kata kunci (keyword) yang tepat pada judul posting, alamat url posting, dan sebarlah keyword tersebut kedalam posting yang kita tulis. Penjelasan cara “membidik” keyword dapat anda simak di halaman berikut ini
  4. Postinglah minimal 5 artikel sehari. Jadikan diri anda seorang jurnalis yang haus akan berita. Pada saat anda mendapatkan berita atau ide, maka segeralah tuangkan berita atau ide tersebut kedalam bentuk artikel.
  5. Gunakan plugin yang dapat membuat sitemap dan mem-ping search engine secara otomatis pada saat kita memposting artikel atau membuat halaman seperti plugin Google XML Sitemap untuk wordpress. Sitemap membantu Google dan search engine lainnya meng-indeks blog dengan lebih efisien.

Pembahasan selanjutnya adalah SEO off-page alias SEO tidak pada blog.

SEO off-page dilakukan dengan cara memasang / menanam backlink, backlink, dan backlink. Ya! Semuanya backlink! :)

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, SEO off-page adalah optimasi pencarian dengan menggunakan sarana blog atau website orang lain untuk memberikan rujukan tautan (backlink) ke blog kita.

Jika SEO on-page sudah di maksimalkan, maka langkah selanjutnya adalah melakukan SEO off-page dengan cara meletakkan link atau url blog kita ke website atau blog lain sebanyak-banyaknya, karena sebagaimana yang dijelaskan diatas bahwa Google akan memperhitungkan jumlah backlink dari situs-situs yang berkualitas untuk menentukan pagerank. Google akan meng-interpretasikan tautan dari blog A yang menuju ke blog B sebagai sebuah “voting” dari blog A terhadap blog B.

Semakin banyak blog yang “mem-voting” blog anda, maka ada kemungkinan Google akan menganggap blog anda adalah blog yang populer dan hal ini tentu saja akan mempengaruhi pagerank blog kita.

Ada 2 tipe blog atau website yang berhubungan dengan caranya memperlakukan backlink, yakni blog yang dofollow dan nofollow.

  • Dofollow : memperkenankan search engine untuk mengindeks tautan/linkback didalamnya.
  • Nofollow : tidak memperkenankan¬†search engine untuk mengindeks linkback didalamnya.

Jadi apakah kita hanya akan menyisipkan linkback di situs-situs yang dofollow saja? Jawabannya: tidak. Sisipkanlah backlink sebanyak mungkin ke situs-situs yang dofollow maupun tidak. Kedua-duanya penting, dan memberikan efek yang baik untuk SEO..

Bagaimanakah cara menanam/menyisipkan linkback untuk meningkatkan pagerank blog kita?

Caranya cukup mudah, antara lain :

1. Blogwalking

Blogwalking secara sederhana dapat kita artikan sebagai jalan-jalan ke blog orang lain. Carilah blog dengan niche yang sama agar linkback kita menjadi relevan. Tinggalkan komentar yang berkualitas, jangan sekedar mengisi komentar dengan “makasih gan!” atau sejenisnya. Kemudian sertakan alamat situs anda pada saat mengisikan komentar pada kolom URL/alamat website.

Bolehkah mengisi komentar dengan backlink ke situs kita secara langsung?

Sebenarnya bisa saja, akan tetapi sebaiknya kita menghindari hal ini karena plugin anti-spam seperti akismet dan sejenisnya akan menganggap komentar anda spam. Lebih baik, sertakan backlink ke sebuah posting blog kita, yang ada hubungannya dengan posting yang kita komentari.

Misalnya, pada sebuah posting yang membahas “CARA MEMBERSIHKAN DEBU PADA KEYBOARD KOMPUTER”, carilah relasinya dengan posting yang ada di blog kita. Contoh komentar :

“Wah, tips membersihkan debunya boleh juga. Kebetulan kemaren saya juga menulis bagaimana cara membersihkan CPU komputer. Linknya : http://www.apa-kek-deh.com/tutorial/membersihkan-cpu-komputer. Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. :)”

Saya yakin 90% admin blog akan meng-approve komentar seperti ini. :)

2. Link Exchange

Link exchange alias bertukar link. Anda dapat mencari blog yang se-niche dengan blog anda, kemudian menghubungi admin-nya untuk saling bertukar link dan saling meletakkan alamat website dihalaman utama blog masing-masing. Simbiosis mutualisme. :)

3. Social networking power!

Ya, anda dapat menggunakan kekuatan social networking seperti Facebook dan Twitter untuk mendapatkan pengunjung. Pengunjung yang mampir ke blog anda kemungkinan akan membagikan kembali posting blog anda jika posting tersebut mereka anggap bermanfaat, lucu, gokil, atau keren. :)

Tips:

Jika anda menggunakan wordpress, anda dapat memakai plugin yang mempermudah pengunjung blog membagikan/sharing posting anda ke social network, seperti sexybookmarks.

4. Spread it to the world

Gunakan alamat situs anda pada signature email, posting di forum, kartu nama, dan sebagainya untuk meningkatkan potensi kunjungan ke blog anda.

Skenario untuk meningkatkan pagerank dalam satu atau dua bulan adalah :

  • Blogwalking dan tinggalkan setidaknya 20 backlink per hari pada situs-situs populer dan ber-pagerank bagus. 20 x 30 = 600 backlink dalam sebulan!
  • Setiap anda melakukan posting artikel, segera bagikan alamat posting tersebut lewat akun sosial network anda : Facebook, Twitter, LinkedIn, Kaskus, dan sebagainya)

Tips :

  • Untuk mempermudah anda menemukan situs atau blog yang memiliki pagerank, pasanglah toolbar SEOQuake. Jika anda melakukan pencarian pada mesin pencari, maka SEOQuake akan secara otomatis menunjukkan pagerank situs-situs yang menjadi hasil pencarian.
  • Pasang plugin untuk SEO seperti WordPress SEO by Yoast.

Jika anda menggunakan themes blog yang tepat, responsif, memiliki nama domain yang mudah diingat serta singkat, telaten dalam memperhatikan keyword, rajin “menanam” backlink, serta menulis 5 artikel berkualitas (e-book, how-to, tutorial, atau review) dalam bahasa inggris setiap hari (150 artikel dalam satu bulan) maka dalam kurun waktu kurang dari dua bulan (bahkan dalam satu bulan saja) pagerank blog anda akan naik dari 0 menjadi 1 atau bahkan 2.

Oke.. demikian penjelasan panjang lebar tentang SEO dan teknik meningkatkan pagerank untuk blog baru. Jangan mudah menyerah dan teruslah menulis.

Ada banyak blogger diluar sana yang mampu mendongkrak pagerank mereka sampai 5 hanya dalam kurun waktu 4 bulan. Buktikan bahwa anda juga bisa seperti mereka! :)

Semoga bermanfaat, dan happy blogging!


Incoming keywords

jenis iklan untuk menaikan page rank


Related Posts

Filed under

Blogging and SEO

| Tags:

Leave a comment ?

170 Comments.

  1. alaska spa panggilan jakarta

    Maksi yah gan infonya bermanfaat juga.. Maklum saya baru belajar blok….. Infonnya sangat bermafat bagi saya maksi gan.

  2. Good info buat belajar seperti nya bisa dimana saja thanks , ilmu buat semua salam hangat dari blogger newbie indonesia…

  3. makasih infonya.. bermanfaat sekali.
    harus kerja lagi

  4. saya punya blog baru artikel 30 umur 1 bulan, kok lambat kali ya blog saya di index google.

  5. makasih gan, info nya sangat bermanfaat

  6. Terima kasih gan bermanfaat banget,semoga saya dapat sukses seperti agan impian di one page google

    berkah selalu buat agan

  7. Ikut nyimak dan belajar ya gan…..maklum lagi belajar…..makasih….pake banget…..

  8. Sangat bermanfaat, terima kasih atas informasi nya. Siap dicoba.

  9. artikelnya bagus min,lebih bagus lagi klo admin bisa langsung bagi2 link dofollow dan nofollownya dengan pagerank yang tinggi min,sama web directory biar bisa langsung praktek min.makasih buat artikel dan tanggapannya admin.

Leave a Comment