performance_information_and_tools

Menghilangkan Query String Pada Konten Statik

Ditulis oleh Beri komentar Lihat komentar

Pada banyak themes atau plugins wordpress, biasanya terdapat aset / konten statik yang memiliki query strings. Contohnya adalah http://blogkerenabis.com/wp-content/themes/themekeren/js/palingkeren_js?ver=3.4.5. Konten statik dengan query ini terkadang jumlahnya sangat banyak, tergantung pada aset apa yang dibutuhkan plugin atau theme tersebut.

query-string-contents

Konten statik dengan query string

Query string paling banyak di temukan pada berkas gambar, CSS, dan javascript. Yang menjadi masalah adalah pemberian query string pada konten statik di blog wordpress akan memberikan efek tidak maksimal pada kinerja blog atau web yang bersangkutan, karena sebagaimana yang kita ketahui bahwa sebagian perambah web atau server proxy tidak akan melakukan caching untuk konten dengan query string.

Jika kita melakukan pengetesan kinerja web atau blog dengan menggunakan gtmetrix atau pingdom, konten seperti ini juga akan berdampak jelek pada skor performance grade.

Bagaimana cara menghilangkan query string pada konten statik wordpress?

Sebenarnya cara untuk menghilangkan query string pada konten statik di blog atau website yang berbasis wordpress sangat mudah dilakukan.

Cara pertama adalah dengan melakukan editing berkas function.php yang ada di dalam themes yang sobat gunakan. Catatan, sebelum melakukan editing berkas tersebut, lakukan backup terlebih dahulu! Karena kesalahan editing pada berkas function.php dapat menyebabkan “white screen of death” alias web/blog tidak dapat diakses dan hanya menampilkan halaman putih.

Pada halaman dasbor pilih “Appearance > Editor > pilih Theme Functions (functions.php)”, kemudian tambahkan baris kode berikut ini di dalam tag PHP yang ada disana:

function remove_query_ver( $src ){
	$parts = explode( '?ver', $src );
        return $parts[0];
}
add_filter( 'script_loader_src', 'remove_query_ver', 15, 1 ); 
add_filter( 'style_loader_src', 'remove_query_ver', 15, 1 );

Terakhir klik “Save” dan silakan cek blog/web sobat dengan menggunakan gtmetrix atau pingdom.

Cara kedua adalah dengan menggunakan plugin. Plugin yang dapat sobat gunakan adalah Remove Query Strings From Static Resources yang dapat sobat unduh / instal dari tautan berikut ini.

Setelah terinstal, silakan aktifkan plugin tersebut, kemudian periksa kembali performa web sobat di gtmetrix atau pingdom.

GTMetrix Test

GTMetrix Test

Simpulan

Konten statik dengan query string pada blog / web yang berbasis Wordpress dapat secara signifikan mengurangi performa blog / web tersebut. Dengan menghilangkan query string tersebut, sobat dapat meningkatkan kinerja web / blog lebih optimal.


Related Posts

Filed under

SEO dan Blogging

| Tags:

  1. trimakasih info nya mas..sy coba dlu..
    soale sy prnah cb cr dr blog lain ga 100% berjalan. berfungsi memang, tp widget dihalman admin jd ga bs didrag..
    smoga code yg ini ga da efek samping.

Leave a Comment