Menghapus Revision WordPress

Ditulis oleh Beri komentar Lihat komentar

Fitur revision cukup membantu pada saat penulisan posting baru pada WordPress, misalnya pada saat kita memerlukan recovery terhadap post tertentu. Namun pada kebanyakan kasus, fitur ini malah menambah ukuran dari database yang kita gunakan.

Ada 2 cara untuk menghapus revision atau menonaktifkan revision dalam WordPress.

Editing pada file wp-config.php

Untuk menonaktifkan fitur revision, cukup tambahkan baris berikut pada wp-config.php

define('WP_POST_REVISIONS', false);

Tapi jika terjadi sesuatu, maka post yang belum sempat di save atau di publish tidak akan bisa di recovery. Solusi lain untuk hal ini adalah menentukan jumlah revision yang disimpan dalam database, dan menentukan interval autosave dari post yang sedang kita buat.

define('WP_POST_REVISIONS', 3);
define('AUTOSAVE_INTERVAL', 120);

Konfigurasi diatas akan menyimpan 3 revision dalam database, dan autosave akan dilakukan dengan interval setiap 2 menit (120 detik).

Menggunakan Plugin

Better Delete Revision adalah plugin yang berguna untuk menghapus post atau page revision, sekaligus menghapus meta content, tags, atau relationship yang memiliki hubungan dengan revision tersebut , serta mengoptimasi database yang digunakan WordPress dalam satu kali klik.

Hal ini sangat bermanfaat untuk menjaga ukuran database agar tidak membengkak, dan mempercepat kinerja WordPress yang kita gunakan.


Incoming keywords

cara menembus telkom content filtering


Related Posts

Filed under

Tips dan Trik

| Tags:

Leave a Comment