Membuat Protogon File System Pada Windows 8

Ditulis oleh Beri komentar Lihat komentar

Microsoft mengatakan bahwa Windows 8 masih disempurnakan dan dioptimasi. Pada bulan ini, Windows 8 akan memasuki tahap Milestone 3, dan direncanakan agan segera rilis versi beta nya dalam waktu dekat.

Dari bocoran Windows 8 yang tersebar ke publik diketahui bahwa Microsoft mengembangkan file system baru untuk sistem operasi yang mereka buat yakni file system Protogon.

Belum ada pihak Microsoft yang dapat dikonfirmasi mengenai keberadaan dan kelebihan Protogon termasuk informasi mengenai kelebihan-kelebihan atau fitur baru yang ditawarkan oleh filesystem baru ini. Nama Protogon sendiri belum jelas, apakah dia filesystem seperti NTFS, nama sebuah sub-sistem, ataukah hanya sebuah codename.

Juga masih dipertanyakan apakah Protogon adalah evolusi baru dari filesystem pendahulunya (NTFS), karena sebagaimana kita ketahui bahwa NTFS sudah menggantikan FAT sejak lama, dan menjadi “standar” filesystem yang digunakan pada keluarga Windows NT.

Telah menjadi rahasia umum semasa mengembangkan Longhorn (penerus Windows XP yang sebenarnya) Microsoft telah berusaha dengan keras untuk mengembangkan filesystem baru yang kelak dapat digunakan untuk menopang fitur-fitur baru dari Windows.

Pada Windows Longhorn, diperkenalkan filesystem baru dengan nama WinFS (Windows Future Storage) yang developmentnya didasari oleh platform data milik Microsoft : SQL server.

Protogon juga dilaporkan mendukung fungsi yang mirip dengan fungsionalitas database. Apakah Windows berusaha “menghidupkan” kembali WinFS dengan sebutan Protogon di Windows 8? Who knows? :)

NTFS sudah lama melewati masa kejayaannya, dan memang sudah saatnya NTFS mendapatkan pengganti yang lebih baik

Bagaimana mem-format sebuah drive agar menggunakan Protogon FS?

[nosmiley]Mudah, cukup buka commmand prompt kemudian ketikkan format DriveLetter:/FS:protogon /Q kemudian tekan enter. Misalkan untuk melakukan formatting drive D:\, ketikkan perintah sebagai berikut :

format D: /FS:protogon /Q

Switch /Q (quick) digunakan untuk quick format. Jika anda ingin menggunakan format dengan modus normal, jangan gunakan switch /Q ini dan gunakan perintah seperti dibawah ini :

format D: /FS:protogon

Jika sudah selesai, akan muncul tulisan seperti pada gambar dibawah ini :[/nosmiley]

Saat dilihat property drive yang bersangkutan, maka akan tampak seperti gambar dibawah ini :

Images and information courtesy/source : Softpedia.


Related Posts

Filed under

Tips dan Trik, Windows

| Tags:

Leave a Comment