chrome-logo

Memasang Userscripts Di Chrome

Ditulis oleh Beri komentar Lihat komentar

Awal-awalnya Google Chrome mendukung instalasi / pemasangan Userscripts dan extension dari situs pihak ketiga (diluar dari situs resmi Chrome extensions). Namun Google menemukan beberapa extension atau Userscripts yang berpotensi untuk disalah gunakan, misalnya untuk pencurian data dan sebagainya. Akhirnya developer Google Chrome secara resmi tidak lagi mendukung instalasi Userscripts dan extensions selain dari situs resminya (Chrome web store).

Khusus untuk anda yang ngefans dengan penggunaan Userscripts anda akan mendapatkan pesan “Extensions, apps, user scripts can only added from the Chrome Web Store” jika anda mencoba menginstal userscripts dari userscripts.org atau dari situs lainnya.

Padahal biasanya kita dapat dengan mudah menginstal userscripts secara langsung tanpa harus menggunakan addons. Untuk mengatasi hal ini, Chrome yang anda gunakan harus terlebih dahulu di instal extension Tampermonkey.

Anda dapat menginstal Tampermonkey pada chrome dengan mengklik tautan berikut :

 ttps://chrome.google.com/webstore/detail/dhdgffkkebhmkfjojejmpbldmpobfkfo

Klik pada “Add to chrome” atau “Tambahkan ke Chrome”, kemudian klik “Add” atau “Tambahkan”.

Setelah berhasil, maka di toolbar chrome dibagian kanan atas (tepat disebelah pilihan pengaturan Chrome) akan tampil icon Tampermonkey. Sekarang anda dapat kembali menginstal userscripts dari situs apa saja… misalnya Userscripts untuk merubah font Facebook menjadi Segoe Print yang pernah saya tulis sebelumnya.

Apa sih Userscript itu?

Userscripts adalah script berbasis javascript yang dapat digunakan untuk memperkaya pengalaman anda dalam merambah web. Userscripts dapat menambahkan fungsi-fungsi khusus yang tidak terdapat di browser secara default. Gudang userscripts ada di Userscripts.org

 Semoga bermanfaat!


Incoming keywords

cara pasang ekstensi tampermonkey ke chrome


Related Posts

Filed under

Software

| Tags:

Leave a Comment