Layanan CDN Gratis

Ditulis oleh Beri komentar Lihat komentar

Untuk anda yang memiliki website dengan kunjungan yang melimpah setiap hari, terkadang harus dipusingkan dengan keterbatasan bandwidth yang diberikan oleh pihak penyedia hosting. Belum lagi dengan kerepotan yang diakibatkan oleh spammer dengan puluhan bahkan ribuan pesan spam pada blog atau forum yang anda kelola.

Hal diatas sebenarnya dapat diatasi dengan menggunakan layanan pihak ketiga berupa Content Delivery Network (CDN) yang terintegrasi dengan sistem pengamanan didalamnya. CDN adalah jaringan server-server diseluruh belahan dunia yang berfungsi untuk menyampaikan konten kepada user yang mengakses website dari klien CDN tersebut. User akan mengakses server yang secara geografis paling dekat, sehingga waktu loading atau download website menjadi lebih cepat.

Jaringan server-server CDN biasanya dioptimasi menggunakan jaringan internet (carrier dan peering) pilihan, sehingga dapat mengimprovisasi dan memaksimalkan kecepatan akses antar server.

Untuk penjelasan lebih detail tentang CDN, silakan simak video berikut ini :

Banyak penyedia layanan CDN seperti MaxCDN, Akamai, cachefly, dan lain-lainnya. Namun anda harus merogoh kocek untuk mendapatkan layanan dari mereka.

Ada solusi untuk mendapatkan layanan CDN gratis (atau mirip dengan CDN). Beberapa penyedia layanan CDN gratis tersebut antara lain :

  • SpeedyMirror
    Anda bisa menikmati layanan CDN gratis dari SpeedyMirror dengan limit kuota 5 Gb. Caranya cukup daftar menggunakan versi trial dari SpeedyMirror, dan anda sudah mendapatkan traffic gratis dengan kuota 50 Gb, sesudah itu anda akan diminta untuk membayar jika ingin melanjutkan layanan dari mereka.
  • Incapsula
    Incapsula menyediakan layanan CDN gratis untuk para penggunanya. Setelah 30 hari menggunakan layanan dari incapsula, mereka akan memberikan pemberitahuan apakah anda ingin mengupgrade akun anda, jika anda tidak membalas pemberitahuan tersebut, maka secara otomatis anda akan menggunakan layanan bertipe FREE dari mereka.
  • Cloudflare
    Saya pribadi menggunakan layanan cdn gratis dari Cloudflare. Fitur dari Cloudflare cukup lengkap dan mampu menghadang internet threat dan spam dengan cukup baik. Dan yang sangat menyenangkan dari Cloudflare adalah mereka menyediakan layanan CDN gratis, benar-benar gratis tanpa embel-embel permintaan untuk melakukan upgrade akun. Staff mereka juga bersahabat dan ramah.
Silakan pilih layanan CDN gratis yang anda inginkan. Namun untuk layanan CDN terbaik, saya pribadi tetap merekomendasikan CDN berbayar.
Semoga bermanfaat :)


Related Posts

Filed under

Internet

| Tags:

Leave a comment ?

11 Comments.

  1. saya pribadi tetap merekomendasikan CDN berbayar.
    Semoga bermanfaat << setuju om :D
    soalnya , udah nyoba semua gak ngalahin yang berbyar :P..
    untung aja hosting saya dah make CDN :P

    • kalo yg berbayar emang support dan fitur nya lengkap banget. ane juga nyaranin pake yg berbayar :)
      untuk cdn gratisan bisa aja jadi alternatif untuk user yang budget nya terbatas.

  2. wah mantap nih infonya gan cuman selama ini saya masih pakai yg nomer tiga dan ada satu lagi gan yaitu cdn dari dropbox juga bagus gan

  3. Saya Make Yang Gratis Dulu
    hehe

  4. Mas, mau tanya, semenjak pake Cloudflare pernah bermasalah di halaman administrator nya nggak ?

  5. trims gan… Ane lagi nyari yg gratis… Soalx trafik msh dikit… Hehehe… :)

  6. Skrg masih pakai CloudFlare yg gratisan hehe

    Ada rekomendasi yang berbayar murah gak ya? Yg itungannya pay as you go deh

  7. mas bedanya yg berbayar sama yg gratisan si apa yah maklum masih nubi nih

    • yang bayar biasanya ada banyak fitur, seperti origin push, origin pull, ssl, statistik lengkap, dan sebagainya. kalo punya uang ekstra, recommended banget pake cdn yg bayar.

Leave a Comment