LASER

Ditulis oleh Beri komentar Lihat komentar

Lagi heboh-hebohnya di Lounge Kaskus membahas perkara kecurangan Malaysia di leg pertama semifinal Piala AFF,  konon pendukung kesebelasan negara tetangga menggunakan laser untuk membuyarkan konsentrasi (karena laser bisa bikin silau) timnas Indonesia.

Daripada ikutan ribut perkara tersebut, lebih baik kita kupas sedikit tentang teknologi laser tersebut. :o

Laser (Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation) merupakan mekanisme suatu alat yang memancarkan radiasi elektromagnetik, biasanya dalam bentuk cahaya yang tidak dapat dilihat maupun dapat lihat dengan mata normal, melalui proses pancaran terstimulasi. Pancaran laser biasanya tunggal, memancarkan foton dalam pancaran koheren. Laser juga dapat dikatakan efek dari mekanika kuantum.

Cahaya sejatinya adalah gelombang elektromagnetik. Setiap gelombang memiliki kecerahan dan warna, serta memiliki sifat dapat disatukan arah getarnya. Peristiwa ini lebih umum disebut sebagai polarisasi.

Singkatnya, Laser dapat mengumpulkan berkas cahaya yang lemah dan membuatnya menjadi berkas cahaya yang kuat. Beberapa laser menghasilkan berkas yang sangat kuat sehingga dapat membuat lubang kecil pada selembar besi dalam waktu kurang dari satu detik.

Sinar laser terbuat dari cahaya yang semuanya terdiri dari panjang gelombang yang sama. Berkas cahaya dalam cahaya biasa mengalir ke arah yang berbeda. Sinar laser bergerak dalam arah yang sama persis. Sehingga sinar laser dapat mencapai jarak jauh melalui angkasa luar tanpa menyebar dan menjadi lemah.

Ada berbagai jenis laser. Medium laser bisa padat, gas, cair atau semikonduktor. Laser biasanya ditentukan oleh jenis bahan yang digunakan oleh penguatnya

Dalam kehidupan sehari-hari, laser digunakan pada berbagai bidang. Dalam penggunaannya, energi laser yang terpancar tiap satuan waktu dinyatakan dengan orde dari beberapa mW – miliwatt (Laser yang digunakan dalam teknologi CD/DVD) sampai dengan beberapa MW – megawatt (laser yang digunakan untuk senjata). Besarnya energi laser yang dipilih bergantung pada penggunaannya. Pemanfaatan sinar laser misalnya pada bidang kedokteran, pelayanan (jasa), industri, astronomi, fotografi, elektronika, dan komunikasi.

  1. Dalam bidang kedokteran dan kesehatan, sinar laser digunakan antara lain untuk mendiagnosis penyakit, pengobatan penyakit, dan perbaikan suatu cacat serta penbedahan.
  2. Pada bidang industri, sinar laser bermanfaat untuk pengelasan, pemotongan lempeng baja, serta untuk pengeboran.
  3. Pada bidang astronomi, sinar laser berdaya tinggi dapat digunakan untuk mengukur jarak Bumi Bulan dengan teliti.
  4. Dalam bidang fotografi, laser mampu menghasilkan bayangan tiga dimensi dari suatu benda, disebut holografi.
  5. Dalam bidang elektronika, laser solid state berukuran kecil digunakan dalam system penyimpanan memori optik dalam computer.
  6. Dalam bidang komunikasi, laser berfungsi untuk memperkuat cahaya sehingga dapat menyalurkan suara dan sinyal gambar melalui serat optik.

Sumber :

WikipediaKaskusYahoo!Nobelprize.org

Laser (singkatan dari bahasa Inggris: Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation) merupakan mekanisme suatu alat yang memancarkan radiasi elektromagnetik, biasanya dalam bentuk cahaya yang tidak dapat dilihat maupun dapat lihat dengan mata normal, melalui proses pancaran terstimulasi. Pancaran laser biasanya tunggal, memancarkan foton dalam pancaran koheren. Laser juga dapat dikatakan efek dari mekanika kuantum.

Incoming keywords

cara membuat laser pemotong besi, cara membuat laser pemotong baja, pemanfaatan cahaya dalam teknologi CD, penggunaan sinar gelombang cahaya dalam bidang kedokteran, cara membuat tembak laser, cara menghasilkan sinar laser, laser pemotong, laser pemotong besi, teknologi laser pemotong


Related Posts

Filed under

Info Umum

| Tags:

Leave a Comment