Kontroversi Gelang Power Balance

Ditulis oleh Beri komentar Lihat komentar

Power Balance® holograms are designed to work with your body’s natural energy field.
Balance – Strength – Flexibility.

Sekilas kata-kata itulah yang menjadi kalimat sakti promosi gelang Power Balance. Konon, gelang ajaib ini didesain menggunakan hologram yang energinya dapat beresonansi dengan energi tubuh. Menghasilkan tambahan keseimbangan, dan kekuatan.

Penggunaan gelang Power Balance mulai marak dikenakan oleh masyarakat setelah sejumlah olahragawan dan juga selebriti menggunakannya. Masyarakat umumnya langsung mempercayai manfaat dari gelang tersebut. Alhasil, penjualannya menjadi melambung, bahkan belakangan juga banyak beredar Power Balance palsu buatan Cina dengan harga sangat murah.

Namun, Australian Competition and Consumer Commission (ACCC) telah memerintahkan Power Balance Australia untuk menarik seluruh gelang yang sudah terjual di konsumen karena telah disesatkan manfaatnya.

Gelang Power Balance ini disebut-sebut bisa memberikan keseimbangan, kekuatan dan fleksibilitas yang lebih baik bagi penggunanya dengan menggunakan medan energi alami yang berasal dari tubuh si pemakai.

“Power Balance telah mengakui bahwa tidak ada dasar ilmiah yang kredibel untuk menguatkan klaim manfaat tersebut, karenanya tidak ada alasan yang layak untuk mendukung pernyataan manfaat gelang power balance ini,” ujar ketua ACCC, Graeme Samuel, seperti dikutip dari SMH.com.au

“Kami mengakui bahwa tidak ada bukti scientific yang kredibel untuk mendukung klaim kami dan hal tersebut termasuk perbuatan menyesatkan,” tulis produsen gelang Power Balance di situs webnya. Pernyataan itu ditujukan sebagai klarifikasi atas iklan yang mereka keluarkan.

Pada November 2010 panel kajian independen yang berhubungan dengan keluhan tentang pelanggaran kode iklan barang terapi menemukan adanya pelanggaran dalam website www.powerbalance.com.au, pihak Power Balance telang mengakui hal tersebut dan menghapusnya dari website.

Selain itu pada Oktober 2010 kelompok advokasi konsumen Choice juga menemukan gelang-gelang karet yang hanya diberikan hologram plastik. Setelah dilakukan uji laboratorium kontrol oleh CHOICE ditemukan bahwa konsumen hanya seperti membeli dompet kosong – alias hologram tersebut sama sekali tidak berguna.

Sumber : DetikHealthKompas


Related Posts

Filed under

Info Umum

| Tags:

Leave a Comment