Kiat Sukses Menjadi Seorang Network Engineer


Kiat Sukses Menjadi Seorang Network Engineer antara lain adalah dengan mengikuti sertifikasi seperti mengikuti sertifikasi CCNA (Cisco Certified Network Associate), meningkatkan pengalaman dan kemampuan problem solving dengan mengikuti training komputer, mengikuti kursus komputer. Silakan simak ulasan, tips dan kiat sukses menjadi seorang network engineer di artikel ini agar anda dapat memaksimalkan potensi yang ada didalam diri anda.

Intinya adalah ada keinginan untuk terus belajar dan belajar, serta mencoba untuk menerapkan apa yang didapat selama kursus, training, atau sertifikasi tersebut. Berikut ini akan sedikit dijabarkan bagaimana kiat sukses untuk para network engineer.

Selayang pandang tentang tugas dan kiat sukses menjadi seorang network engineer

Kiat Sukses Menjadi Seorang Network Engineer

Berdasarkan Merriam-Webster English Dictionary “Network” memiliki pengertian sebagai “sebuah lingkungan yang memiliki interkoneksi atau inter-relasi berupa keterkaitan atau pengelompokkan sebuah sistem” . Secara spesifik, network yang kita bahas disini adalah sebuah sistem interkoneksi perangkat komputer beserta beserta seluruh periferalnya (modem, router, switch, terminal dan sebagainya).

Sedangkan “Engineer” memiliki makna sebagai seseorang yang terdidik atau terlatih secara spesifik untuk bidang teknis tertentu.

Sehingga, “network engineer” dari segi etimologi dapat diartikan sebagai seseorang yang memiliki kemampuan khusus untuk menangani, melakukan rancang bangun, dan melakukan kegiatan operasional dalam sebuah jaringan komputerisasi.

Jika dilihat dari perspektif tugas yang lebih spesifik, profesi network engineer dapat dibagi lagi menjadi beberapa golongan profesi, antara lain networking engineer, system engineer, network analyst, network consultant, system manager, network manager, dan network associate. Pembagian ini didasarkan pada konsep tanggung jawab dan tugas yang lebih spesifik namun secara umum tetap berhubungan dengan sistem komputerisasi yang terintegrasi melalui jaringan.

Cakupan tugas (job description) seorang network engineer

Secara umum, seorang network engineer memiliki tugas untuk mengawasi atau melakukan instalasi, melakukan konfigurasi, dan melakukan pemeliharaan (maintenance) sistem informasi dan jaringan. Tanggung jawab umum yang biasanya menjadi tugas seorang network engineer adalah sebagai berikut :

  1. Melakukan instalasi hardware, sistem atau software baru yang digunakan dalam jaringan.
  2. Melakukan instalasi, konfigurasi, dan perawatan layanan jaringan (network services) dan perangkat jaringan.
  3. Mendukung fungsi administratif pada penggunaan perangkat jaringan.
  4. Mengatur protokol untuk pencadangan (backup) atau restorasi (restore) didalam sistem.
  5. Merencanakan dan memberikan dukungan untuk implementasi infrastruktur jaringan komputer.
  6. Melakukan perbaikan (troubleshooting) atau analisis terhadap server, komputer kerja (workstations) dan semua yang berkaitan dengan hal tersebut.
  7. Mendokumentasikan permasalahan-permasalahan yang terjadi didalam jaringan untuk referensi dimasa yang akan datang
  8. Memonitor kinerja sistem dan dapat mengimplementasikan performance tuning.
  9. Mengatur akun pengguna (users account), izin pengguna (users permission), serta implementasi firewall, dan sistem keamanan.
  10. Memperhatikan aspek keamanan pada aplikasi dan jaringan.

Perusahaan atau korporat besar dan ternama biasanya lebih spesifik dalam memilih network engineer untuk menangani jaringan komputerisasi ditempat mereka. Perusahaan-perusahaan seperti ini mengharuskan setiap network engineer untuk memiliki kemampuan teknis dan requirement tertentu, misalnya :

  1. Memiliki sertifikasi training CCNA, MCSE, CCNP, CCIE, CNE (Cisco), MTCNA (MikroTik),  atau JNCIA (Juniper) dan sejenisnya.
  2. Memiliki pendidikan setara sarjana atau D3 untuk bidang pengetahuan komputer, informasi teknologi, atau sejenisnya.
  3. Memiliki pengetahuan baik untuk sistem berbasis Windows, Cisco, Unix, Linux atau Novell
  4. Memiliki kemampuan dalam mengoperasikan dan menggunakan perangkat jaringan seperti switch, router, hub, kabel, firewall, dan lain-lainnya.

Kiat Sukses Menjadi Seorang Network Engineer

Ada beberapa kiat sukses menjadi seorang network engineer yang dapat saya sampaikan, dan anda dapat menyimaknya dibagian ini.

kiat sukses menjadi seorang network engineerPertama, untuk menjadi seorang network engineer yang sukses, anda wajib untuk memiliki pengetahuan dasar tentang konsep dan implementasi jaringan komputer serta memiliki kemampuan analisis dan pengalaman yang memadai.

Anda dapat mengikuti training komputer atau kursus komputer yang berhubungan spesifik dengan jaringan komputer pada lembaga-lembaga tertentu yang terakreditasi untuk mengimprovisasi pengetahuan dan kemampuan analisis anda dibidang jaringan.

Sedangkan untuk mengembangkan kemampuan dan pengetahuan teknis, anda juga dapat mengikuti sertifikasi dan training Cisco, training mikrotik, atau sejenisnya di lembaga yang memang memiliki otorisasi untuk melakukan sertifikasi dan training tersebut. Salah satu lembaga training dan sertifikasi yang direkomendasikan adalah NetCampus Training Center.

NetCampus Training Center sendiri adalah penyelenggara layanan training dan sertifikasi IT, komputer dan networking terbaik di Indonesia. Selain training CCNA, Netcampus juga membuka kesempatan anda untuk mengasah kemampuan dibidang komputer secara umum dengan mengadakan training komputer dan kursus komputer.

Kedua, network engineer mengemban peranan penting yakni memastikan kelancaran operasional dan komunikasi didalam jaringan dengan tujuan menciptakan kinerja maksimum pada jaringan komputer dalam sebuah perusahaan sehingga perusahaan dapat lebih efektif dalam pencapaian target atau pencapaian Return of Investment (ROI).

Tingkat kesulitan tugas seorang network engineer sangat dipengaruhi oleh cakupan lingkungan kerja – semakin besar perusahaan tempat anda bekerja, maka semakin banyak kesulitan yang akan anda temui. Dan oleh sebab itu, kiat sukses untuk menjadi seorang network engineer selanjutnya adalah terus belajar dari pengalaman yang anda dapatkan serta dapat melakukan budgeting yang efisien (cost efficients) sehingga pengeluaran untuk IT dapat ditekan.

Ketiga, seorang network engineer yang baik dapat mengaplikasikan seluruh kemampuan (skills) yang ada pada dirinya, baik kemampuan teknis, kemampuan bernegosiasi dan berkomunikasi, melakukan managemen waktu yang baik, menerapkan profesionalisme dalam bertugas, dan lain-lain. Hal ini akan menjadi nilai plus dan merupakan salah satu kiat sukses menjadi seorang network engineer yang dapat anda lakukan.

Kiat sukses menjadi seorang network engineer yang ke empat adalah kesabaran. Tidak jarang seorang staf IT memiliki jadwal kerja yang “berbeda” jika dibandingkan dengan staf lainnya. Network engineer kadang bisa bekerja sampai larut atau bahkan masuk di shift malam saat staff lain sudah pulang.

Tujuannya tidak lain adalah agar dapat melakukan problem solving didalam jaringan. Hal ini dilakukan agar tidak menjadi kendala dalam kegiatan operasional secara umum. Oleh karena itu kesabaran adalah kunci penting agar menjadi sukses sebagai seorang network engineer.

Kesimpulan

  • Network engineer memiliki peran penting dalam melakukan dan memberikan dukungan untuk kegiatan yang berhubungan dengan jaringan komputer di sebuah perusahaan.
  • Profesi network engineer dapat dibagi menjadi beberapa golongan sesuai dengan cakupan tugas yang dilakukan.
  • Ada beberapa kiat sukses menjadi seorang network engineer antara lain dengan mengikuti pelatihan tambahan untuk memperkaya pengetahuan seputar dunia networking.

Demikian gambaran kerja (job description) dan beberapa kiat sukses menjadi seorang network engineer yang dapat saya jabarkan disini. Semoga bermanfaat untuk anda, dan salam sukses! :)

Artikel ini merupakan bagian dari partisipasi fazar.net dalam mengikuti lomba SEO yang diadakan oleh Netcampus yang bertema “Kiat Sukses Menjadi Seorang Network Engineer”. Kompetisi bertema “Kiat Sukses Menjadi Seorang Network Engineer” ini berakhir pada 1 Desember 2012. Wish me luck! :)

Update 05 Desember 2012

Alhamdulillah, posting ini dipilih sebagai pemenang oleh Netcampus dalam kompetisi blog bertema “Kiat Sukses Menjadi Seorang Network Engineer”. Pengumuman disampaikan tanggal 05 Desember 2012, dan hadiah dikirimkan ke tempat saya tanggal 12 Desember 2012. Terima kasih untuk Netcampus! :)

Incoming search:
kiat sukses menjadi seorang network engineer, Tips sukses di bidang sistem informasi

You may also like:

Incoming search:

Incoming search:
kiat sukses menjadi seorang network engineer, Tips sukses di bidang sistem informasi


18 Comments

  • saya mau tanya apakah seorang network engineer harus maintance server tower2  yang tinggi pada saat kerja??

    • untuk urusan panjat memanjat tower biasanya ada tenaga tambahan yang memang ahli dalam hal instalasi peralatan pada tower. scope kerja network engineer nggak termasuk kok untuk urusan memanjat tower, tapi tetep harus berkoordinasi dengan petugas yang ngurus tower dilapangan. saya punya beberapa teman kontraktor yg maintenance dan bangun tower untuk BTS telekomunikasi, dan saya amati mereka punya tenaga sendiri untuk tugas yg berbeda untuk urusan tower (ada yg ahli maintenance, ada yg ahli setup tower, dsb).

Leave a comment

Current day month ye@r *