proxy

Lusca Proxy Untuk IPFire

Ditulis oleh Beri komentar Lihat komentar

Lusca proxy untuk IPFire adalah addons tidak resmi (unofficial) untuk IPFire – sebuah distribusi linux untuk firewall.  Pada dasarnya IPFire sudah memiliki web proxy sendiri yang diporting dari advanced proxy untuk IPCop dan Smoothwall, namun selalu di update menyesuaikan dengan rilis terakhir squid cache (versi 3.x). Lusca memiliki kemampuan dan stabilitas yang baik dalam melakukan web caching  walaupun dibuat berbasis squid 2.7. Its oldy, but mighty.

Addons Lusca untuk IPFire terdiri dari binari Lusca versi stabil yang dikompilasi dengan menitikberatkan pada kinerja dan fleksibilitas dalam melakukan web caching. Lusca proxy untuk IPFire terintegrasi dengan baik dengan semua fitur yang sudah terdapat didalam IPFire dan dapat diatur dengan mudah lewat antarmuka web. Selain itu, tuning tambahan pada konfigurasi Lusca addons ini di optimasi untuk melakukan caching website-website terkemuka di Indonesia, dan juga caching beberapa games online.

System requirement :

  • IPFire 2.11 Core Update 61

ISO image untuk IPFire 2.11 Core Update 61 dapat didownload dari link dibawah ini :

Prerequisite :

PENTING! Sebelum addons lusca di instal, pastikan anda sudah melakukan konfigurasi squid bawaan IPFire dengan mengklik “Save and Restart” di halaman interface web, tab “Networking” di bagian pengaturan proxy. Hal ini berguna agar IPFire dapat meng-generate acl-acl yang akan digunakan oleh squid dengan sempurna.

Cara instalasi Lusca proxy untuk IPFire :

# wget http://cachebox.googlecode.com/files/ipfire-lusca-beta.tar.gz
# tar -zxvf ipfire-lusca-beta.tar.gz
# cd ipfire-lusca-beta
# ./install

Jika anda menggunakan core updates terbaru, anda juga dapat melakukan instalasi Lusca. Yang perlu diperhatikan adalah, setelah anda selesai meng-ekstrak installer nya, edit lah file “install” dengan editor kesayangan anda. Carilah tulisan if ($core_release !~ 61) dan ganti menjadi if ($core_release !~ 62), dimana angka “62” adalah contoh core updates yang anda gunakan. Sesuaikan nilai ini dengan core updates yang anda gunakan!

Untuk mengetahui informasi versi core updates yang didukung dan kompatibel oleh Lusca proxy untuk IPFire ini, silakan bergabung di grup Facebook kami : http://www.facebook.com/groups/ipfire.id/.

Setelah proses instalasi selesai, akseslah halaman antarmuka web (web GUI) untuk pengaturan web proxy (tab network). Jika Lusca terinstal dengan baik, maka pada bagian squid cache version akan tampak seperti dibawah ini :

 

Klik pada tombol “Save and Restart” untuk menyimpan seluruh konfigurasi dan memulai ulang (restart) web proxy.

Contoh statistik Lusca yang sudah running :

*ps. HTTP request terlihat kecil, karena sebagian besar klien yang saya layani online dari gadget atau smartphone.

Catatan :

  • Lusca addons untuk IPFire ini dapat didistribusikan dan dimodifikasi secara bebas dengan menyertakan credit untuk penulis asli.
  • Addons ini dibuat sebagaimana-adanya (as-is) tanpa ada dukungan resmi dan segala resiko atau kerugian yang diakibatkan dari addons ini berada diluar tanggung jawab penulis.

Credits :

  • IPFire development team (thanks for developing this awesome firewall)
  • Lusca development team
  • Lusca proxy installer based on advanced proxy installer by M. Sondermann
  • URL rewriter by Chuddy Fernandez and Ucok Karnadi
  • Alexa

Incoming keywords

lusca ipfire, ipfire


Related Posts

Filed under

Networking

| Tags:

Leave a comment ?

175 Comments.

  1. Mau Lapor ni Mas Fazar, sy baru2 ini sudah migrasi dari IPCop Ke IPfire( alhamdulillah Sukses, terima kasih banyak atas ilmu-nya, mudah2an berkah).
    Spec Proxy saya:
    – IPFIRE 2.11 CORE 61
    – SQUID VER_2.7_STABLE9
    – readbackwards
    – storeurl.pl (versi yg ada selamat lebarannya)
    – CCZE

    satu lagi ni, sy sudah pelajari Qos mas Fazar di:
    http://forum.ipfire.web.id/addons-pengaya-ipfire/%28ask%29-setting-qos/msg212/#msg212
    mohon dibantu Screen Shot yg Class downloadnya (yg Clas Upload udah ane praktekin) yg downloadnya ngeraba sendiri sehingga belum maksimal, oh iya warnet saya pake Spido*l paket 2Mb buat 13Pc, 1 Wifi buat android, ada 6pc yg Game Online, terima kasih,

  2. mas saya kan install ipfre jadi standalone proxy tapi pas untuk beda network saya ping ke ip proxnya ngak bisa..kalau dari proxnya sendiri di ping ke beda newtwork bisa ..dimana ya mas untuk pengaturan firewalnya supaya bisa di ping dari beda segmen..VLAN

    • apakah mas pake mikrotik? kalo iya, jangan lupa gunakan gateway ip mikrotik yg terhubung ke pc masbro. kalo masih belum fix, coba utak atik static route di web interface ipfire. fyi, ane pake 3 ip di satu pc, dan kesemuanya bisa konek ke ipfire lewat mikrotik.

  3. Bagaimana mengeset ipfire dengan satu interface
    ? Yang menjadi masalah ,ketika saya masukkan ip gateway di dalam routing tablenya tidak muncul hasilnya,saya melakukannya melalui #setup
    Adapun yang saya lakukan untuk solusi sementara dgn menambahkan routing table secara manual.yang ke 2 di file mana untuk mennambhakn route table tersebut ketika booting.kalau di linux biasanya di sisipkan di rc.local..terimahkasih banyak atas bantuan dan petunjuknya..

    • untuk 1 interface saja (green), set interface green agar bisa terhubung ke internet (set ip, gateway, dan dns nya dengan benar lewat “setup”). set red dengan ip statik sembarangan (misalnya 192.168.168.1), set juga interface nya agar tidak pakai kartu ethernet (jadi yg di set kartu ethernetnya cuman green). simpan pengaturan.. terakhir edit file /var/ipfire/ethernet/settings, kemudian tambahkan di baris paling bawah RED_DEV=green0 dan lakukan restart network..

  4. mas fazar saya cuba install ipfire yang versi 6.7 dan saya uda aktifkan web proxnya.terus saya update ke 7.3 melalui parkfire nya..tapi ketika suda menjadi versi 7.3 di web proxnya ada tambahan port proxy 3129 jadi masalhnya ketika saya akftifkan transparent proxynya dan saya aktifkan redirect nya di mikrotiknya..jadi ngak bisa browsing dia mas..gimana untuk mendisable port proxy itu yang ada di menu web proxnya..itu terjadi ketika kita update ke versi 7.3. mohon bantuannya mas..trimahkasih..

    • IPFire core 73 menggunakan squid 3.3, oleh karena itu ada 2 port yg diaktifkan agar proxy bisa berjalan baik (forward dan intercept port). jika mas sudah menginstall lusca, maka instalasi lusca akan di hapus oleh core 73. mas bisa melakukan reinstall lusca dengan terlebih dahulu menghapus backup squid sebelumnya

      rm -f /usr/sbin/squid.default
      rm -rf /usr/lib/squid.default
      mv /var/ipfire/proxy/advanced/acls/include.acl.default /var/ipfire/proxy/advanced/acls/include.acl
      rm -f /etc/squid/storeurl.pl

      setelah itu lakukan re-install lusca seperti biasa. kalo ada error, coba cek step-step yang ada di forum berikut : http://forum.ipfire.web.id/diskusi-teknis-umum/(unofficial)-lusca-squid2-7stable9-addons/ bagian balikin squid

  5. mas saya sudah pake lusca ipfire yang dari mas fazar..tapi masalahnya mas game pb waktu patch ngak hit dia..alias tidak nympan cache..bisa mas fajar kash tau untuk squid.confnya supaya pb bisa hit..mohon bantuannya mas..timakasih

    • udah set max. object size nya dengan benar? coba isikan 65536 (64 mb). kalo masih miss, coba paste access.log nya kesini. :)

  6. mas setelah saya menggunakan ipfire sebagai standalone proxy, proxy berjalan normal.cuma ada beberapa website tidak bisa di buka mas error..itu gimana ngatasinya mas? trimah kasih atas bantuanya..

  7. mas saya mau ipfire high performance,dan dengan senang hati,mau barpartisifasi untuk donasi,sy domosili palembang,gimana caranya ms fajar.

  8. Lusca Proxy Untuk IPFire | Gemar Oprek - pingback on Desember 26, 2013 at 3:57 pm
  9. mas mau nanya ni saya kan suda menggunakan lusca..nah ada web tertentu tidak bisak masuk..contohnya game pb forum dimana settingannya supaya web2 tertentu di bypass saja tidak melewatin proxy..untuk settinganya di bag mananya ya mas? mohon bantuannya…tkns

Leave a Comment