harddisk

Harddisk Seagate Dengan Kapasitas 6 Terabyte

Ditulis oleh Beri komentar Lihat komentar

Berita yang sangat bagus buat anda yang hobby mendownload atau mengumpulkan video-video HD, karena dalam beberapa waktu kedepan Seagate akan merilis harddisk dengan kapasitas besar hingga 6 terabyte!

Kapasitas terbesar harddisk yang dijual dipasaran dengan ukuran 3,5 inci saat ini adalah 3 terabyte. Namun dengan seiring perkembangan teknonogi yang makin pesat diperlukan harddisk yang memiliki kapasitas penyimpanan lebih besar dari itu.

Seagate secara resmi mengembangkan teknologi yang memungkinkan harddisk berukuran 3,5 inci untuk memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 6 terabyte, bahkan lebih. Teknologi yang mereka kembangkan ini diberi nama dengan istilah Heat-Assisted Magnetic Recording (HAMR).

Konon dengan teknologi HAMR, Seagate juga dapat membuat harddisk berukuran 3,5 inci dengan kapasitas yang sangat besar (30 sampai dengan 60 terabyte) dan harddisk berukuran 2,5 inci yang biasanya digunakan untuk laptop atau netbook dengan kapasitas 10 sampai dengan 20 terabyte.

Oleh karena itu, harddisk berkapasitas besar seperti itu akan membuat para kolektor film-film HD ngiler :)

Berikut kutipan lengkap dari situs resmi Seagate mengenai hal ini :

The maximum capacity of today’s 3.5-inch hard drives is 3 terabytes (TB), at about 620 gigabits per square inch, while 2.5-inch drives top out at 750 gigabytes (GB), or roughly 500 gigabits per square inch. The first generation of HAMR drives, at just over 1 terabit per square inch, will likely more than double these capacities – to 6TB for 3.5-inch drives and 2TB for 2.5-inch models. The technology offers a scale of capacity growth never before possible, with a theoretical areal density limit ranging from 5 to 10 terabits per square inch – 30TB to 60TB for 3.5-inch drives and 10TB to 20TB for 2.5-inch drives.


Incoming keywords

nawala terabit net


Related Posts

  • No related posts.
Filed under

Hardware

| Tags:

Leave a Comment