Menonaktifkan Google SSL Search Lewat Mikrotik

Salah satu fitur dari mesin telusur Google adalah melakukan pencarian dengan SSL (Secure Sockets Layer) – dengan kata lain, pengguna mesin pencari google dapat menginput kata kunci dan menampilkan hasil pencariannya secara terenkripsi. Tujuannya tidak lain adalah agar privasi pengguna dapat terlindungi sepenuhnya. Secara default, Google akan menyeting modus penelusuran menggunakan SSL jika kita telah login ke salah satu layanan Google. Akan tetapi, pencarian terenkripsi seperti ini secara default seluruh konten didalamnya tidak dapat di cache oleh proxy server seperti squid.

Nah, bagi anda yang menggunakan server proxy didalam jaringannya, sudah pasti bandwidth yang tersedia tidak dapat dioptimasi dengan baik pada saat banyak user atau klien melakukan pencarian dengan menggunakan SSL. Namun, jika anda menggunakan mikrotik, anda dapat sedikit bernapas lega, karena ada cara yang mudah untuk menonaktifkan Google SSL search ini. Sehingga setiap user atau klien mengakses pencarian dengan SSL maka klien akan dialihkan ke pencarian tanpa menggunakan SSL.

“SSL (Secure Sockets Layer) is a protocol that helps provide secure Internet communications for services like web browsing, e-mail, instant messaging, and other data transfers. When you search over SSL, your search queries and search traffic are encrypted so that intermediary parties that might have access to your network can’t easily see your results and search terms”. – Google.

Menonaktifkan Google SSL Search Lewat Mikrotik

Untuk menonaktifkan pencarian Google SSL lewat mikrotik silakan ikuti prosedurnya sebagai berikut :

  1. Login-lah kedalam routerboard kesayangan anda lewat winbox.
  2. Klik pada opsi “IP”, kemudian klik opsi “DNS”.
  3. Pada menu DNS Settings, klik pada opsi “Static”.
  4. Selanjutnya, pada menu DNS Static, klik tanda tambah “+”.
  5. Dikolom “Name” isikan www.google.id dan “Address” isikan 216.239.32.20, kemudian klik “OK”
  6. Buat lagi satu entry DNS statik dengan mengklik “+” dengan “Name” www.google.com dan “Address” 216.239.32.20

Biar nggak bingung silakan lihat screenshot dibawah ini (klik untuk memperbesar).

mikrotik-disable-google-ssl-search

Buat yang pengen nggak mau ribet melakukan input dns statik secara manual, silakan copas script berikut di terminal :

/ip dns static
add address=216.239.32.20 name=www.google.com
add address=216.239.32.20 name=www.google.co.id

How it works?

Silakan baca spoiler berikut ini :

“To utilize the no SSL option for your network, configure the DNS entry for www.google.com to be a CNAME for nosslsearch.google.com” – Google

Nah, keterbatasan mikrotik adalah implementasi static CNAME dan agar dapat menonaktifkan SSL Search dari Google, saya menggunakan entri DNS statik dengan alamat IP yang digunakan oleh nosslsearch.google.com.

“As the solution, you may set IP address for static DNS entry to RouterOS IP, and then use dst-NAT + webproxy to redirect that http request to any website you want”. Chupaka – Mikrotik Forum.

Evaluasi dan pengetesan

Untuk mengetes konfigurasi yang kita terapkan, silakan login kesalah satu layanan Google (Youtube, Gmail, dan sebagainya) kemudian lakukan pencarian di internet seperti biasa. Jika berhasil, maka akan tampil pemberitahuan bahwa penelusuran SSL mati (dinonaktifkan) seperti gambar dibawah ini.

mikrotik-disable-google-ssl-search-test

Dalam kondisi seperti ini pencarian google akan menggunakan modus HTTP biasa, dan konten dari Google akan dapat di cache secara normal oleh mesin proxy.

Kekurangan dan Kelebihan

Kelebihan :

  • Secara teknis, jika kita menonaktifkan pencarian/penelusuran Google dengan SSL maka konten statis dari Google (berupa javascript, css, atau gambar statis) akan dapat di cache dengan baik oleh mesin proxy.
  • Jika caching dapat dijalankan dengan baik oleh mesin proxy, diharapkan penggunaan bandwidth akan menjadi lebih efisien dan terutilisasi dengan optimal.

Kekurangan :

  • Penelusuran SSL tersedia untuk semua top-level domain Google (bukan hanya .com atau .co.id saja) sehingga penelusuran SSL dapat dilakukan dengan top-level domain Google selain itu (seperti google.co.uk dan sebagainya)
  • Klien masih bisa memaksa penggunaan SSL dengan mengakses https://encrypted.google.com/

Kesimpulan

Keterbatasan kapasitas bandwidth adalah masalah yang umum di Indonesia, oleh karena itu optimalisasi dan efesiensi penggunaan bandwidth adalah hal yang memegang peranan penting untuk memaksimalkan pengalaman klien atau user (users experiences) pada saat melakukan browsing. Dengan menonaktifkan Google SSL Search pada mikrotik, setidaknya kita dapat melakukan efisiensi bandwidth pada saat klien atau user melakukan pencarian lewat mesin telusur Google.

Referensi

 


Incoming keywords

tidak bisa login di mikrotik karena https


Related Posts

20 thoughts on “Menonaktifkan Google SSL Search Lewat Mikrotik

  1. userReply

    Om Fazar ,,saya dah 2 minggu ga nemu nemu ,pakai reges007 juga ga mempan,,,percuma pakai proxy
    Tar kalau dah nemu bagi bagi ya om fazar,,,,mumet bandwith minim buat Rt Rw,,
    Thank

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *