Cara Upgrade Android OS Pada Perangkat Samsung

Ditulis oleh Beri komentar Lihat komentar

Terkadang aplikasi-aplikasi terbaru Android memerlukan Android versi terbaru, misalnya aplikasi BBM yang mewajibkan penggunanya menggunakan Android Jelly Bean. Nah, pada posting ringan kali ini, saya akan membahas cara untuk melakukan upgrade Android OS pada perangkat (baik itu tablet atau pun smartphone) Samsung.

Catatan :

  • Dalam posting ini, saya menggunakan contoh perangkat Android Samsung yang menggunakan antarmuka bahasa Indonesia. Jika sobat kebingungan karena menggunakan antarmuka bahasa yang lain, silakan ikuti petunjuk dengan istilah yang sepadan.
  • Pastikan batere smartphone atau tablet Samsung sobat terisi penuh.

Cara Pertama : Upgrade on the fly

Syarat pertama untuk melakukan upgrade Android OS pada perangkat Samsung menggunakan metode on the fly adalah perangkat (smartphone atau tablet) yang sobat gunakan harus terhubung dengan baik ke jaringan internet nirkabel alias wifi. Selain itu, usahakan kualitas koneksi internet wifi yang sobat gunakan cukup cepat dan stabil, karena Android akan mendownload paket update yang berukuran cukup besar.

  1. Aktifkan Samsung Account untuk perangkat Android sobat ( Pengaturan > Akun dan Sinkronisasi > Tambah akun > Samsung ). Untuk mengaktifkan Samsung Account, silakan isi data sobat dengan benar (email, password, dan sebagainya). Setelah akun Samsung sobat aktif, lanjutkan ke langkah selanjutnya.
  2. Tap menu Menu > Pengaturan > Tentang perangkat > Update software (di beberapa perangkat terbaru menggunakan Menu > Pengaturan > Lanjutan > Tentang Perangkat > Update Software), silakan cari sendiri kalo nggak ketemu, hehehe.
  3. Tap pada pilihan “Update

Jika upgrade Android terbaru tersedia untuk perangkat Samsung yang sobat gunakan, sobat akan diminta untuk meng-upgrade firmware nya dengan versi terbaru. Tunggulah beberapa saat (tunggu dengan sabar, karena proses upgrade kadang memakan waktu yang cukup lama) sampai proses download dan instalasi Android pada tab atau smartphone kesayangan sobat selesai.

Perangkat akan mendownload firmware yang ukurannya bervariasi antara 300 Mb sampai dengan 800Mb, tergantung pada perangkat sobat masing-masing.

Setelah proses upgrade Android selesai, maka sistem akan meminta sobat untuk melakukan restart / reboot. Silakan restart / reboot seperti biasa atau mengikuti prosedur yang ditampilkan dilayar.

samsung-gt-n700-upgrade

Tampilan update software Android pada GT-N7000 (Samsung Note)

Cara kedua : Menggunakan Samsung Kies

Samsung Kies adalah software yang dapat digunakan untuk melakukan backup, sinkronisasi, dan melakukan update untuk perangkat Samsung. Oleh karena itu, untuk mengupgrade Android dengan Samsung Kies, sobat harus mendownload dan menginstal Samsung Kies terlebih dahulu di komputer sobat. Lakukan reboot / restart komputer setelah sobat selesai menginstal Samsung Kies dan hubungkan ke internet.

Sebelum sobat mendownload dan menginstal Samsung Kies, silakan periksa versi Android di perangkat Samsung sobat terlebih dahulu, kemudian silakan download dan install Samsung Kies yang sesuai dengan versi Android yang ada di perangkat sobat tersebut.

Cara memeriksa versi Android adalah sebagai berikut, tap pada Menu/Apps > Pengaturan > Tentang perangkat. Perhatikan pada bagian “Versi Android”.

image002

Memeriksa Versi Android

Jika sobat sudah tahu versi Android yang digunakan, silakan download Samsung Kies dibawah ini.

Sobat bisa mendownload Samsung Kies di tautan ini : http://www.samsung.com/us/kies/ atau langsung mengunduh dari direct link berikut ini (Link updated : 22 Januari 2015).

  • Samsung Kies versi 2.6 untuk perangkat Samsung keluaran dibawah September 2013 : Download
  • Samsung Kies versi 3 untuk perangkat Samsung yang menggunakan Android versi 4.3 keatas : Download

Setelah Samsung Kies sobat terinstal dengan baik, hubungkan Samsung tablet atau smartphone yang akan di upgrade ke komputer dengan menggunakan kabel data. Tunggulah beberapa saat sampai proses penghubungan perangkat ke komputer selesai.

Jika terdapat upgrade terbaru untuk Android di perangkat sobat, maka akan muncul pemberitahuan bahwa terdapat pembaruan untuk piranti Samsung yang sobat gunakan. Silakan ikuti petunjuk yang ada pada layar monitor komputer.

img_kies_mobile_update

Kelebihan dan kekurangan melakukan upgrade Android OS

Oke kita bahas kelebihannya dulu ya…

  1. Perangkat akan menggunakan firmware/Android yang paling gres :)
  2. Firmware terbaru biasanya memiliki banyak patch atau perbaikan bug, celah keamanan, dan masalah kompatibilitas pada app terbaru yang ada di PlayStore
  3. Biasanya akan terdapat fitur baru / apps baru yang bisa membantu sobat menjadi lebih produktif dalam menggunakan Android

Sedangkan kekurangannya adalah terkadang perangkat menjadi terasa “berat” saat digunakan. Hal ini kemungkinan besar karena adanya penambahan fitur-fitur/fungsi yang baru, sehingga membutuhkan resource / sumber daya CPU, memory, swap, dsb yang lebih banyak. Dari beberapa keluhan juga di laporkan batere menjadi lebih boros.

Oke, demikian tutorial ringan tentang Cara Upgrade Android OS Pada Perangkat Samsung, semoga bisa bermanfaat. Jangan lupa juga tutorial ringan tentang cara mengetahui versi Android terbaru untuk perangkat Samsung yang juga saya tulis di blog ini.


Incoming keywords

pembaruan perangkat lunak samsung, cara memperbarui perangkat lunak samsung, cara memperbarui perangkat lunak android, pembaruan perangkat lunak, cara update software samsung, perangkat anda telah dimodifikasi pembaruan perangkat lunak tidak tersedia, perbarui perangkat lunak android, pembaruan perangkat lunak android samsung, cara upgrade firmware wifi android, cara memperbarui perangkat lunak


Related Posts

Filed under

Gadget

| Tags:

,

Leave a comment ?

394 Comments.

  1. di hp saya mendownload sendiri pembaruan perangkat lunaknya,stlah itu ada tulisan instal,tp aku baca ket nya,nnti kalau ada yg salah langkahnya bs rusak,trus jika itu tdk di instal gmn?apa berpengaruh?

  2. hello admin, mau tanya donk.,…hp grand prime saya kok kamera depan nya kalo di buat photo kok kelihatan putih banget ya? apakah bisa diperbaiki ya min??
    terimakasih admin Fazar..sukses selalu

  3. Di hp ku kok malah muncul keterangan ‘sistem operasi di perangkat anda telah di modifikasi tanpa izin’
    Padahal hp ku ga pernah di otak atik

  4. Hp saya ngga bisa update knapa ya

  5. permisi admin numpang tanya hp grand prime saya udah di root otomatis kan gabisa upgradi via ota. tpi kalo pake samsung kies apakah lgsung bisa tanpa adanya peringatan seperti yg di ponsel

  6. halo admin aku mo tanya donk hpku grand prime udah posisi root. mau download pembaruan via ota kan gabisa dikarenakana udah di root. kalo misalkan pakai samsung kies apa bisa download pembaruan lgsung

  7. Min, mau nanya dong, kok samsung S4 ane pas mau ane uodate malah ada tulisannya :
    “Perangkat anda telah dimodifikasi. Pembaruan perangkat lunak tidak tersedia”
    Itu kenapa yaa??
    Padahal belom di root sama udh bikin akun samsung juga
    Mohon bantuannya min

  8. gan kalau untuk Samsung J1 yg keluaran pertama apa bisa ke android lolipop

  9. Waktu pembaruan lunak ada tulisan sistem operasi dimodifikasi tanpa izin,itu knp ya gan? Plisss jawab

  10. min mau nanya,,samsung J1 ane abis diinstal pembaruan perangkat lunak kok malah gak keluar suara sama sekali ya..? makasih

Leave a Comment