Cara Menghilangkan Kolom URL di Komentar WordPress


Field URL atau website pada komentar di blog atau website yang berbasis WordPress biasanya merupakan target empuk dari spam bot yang berkeliaran di jagad internet. Para bot jahat ini biasanya tidak tanggung-tanggung saat melakukan spamming – mereka melakukan spamming secara masif dan tidak kenal ampun!

Tidak sedikit para pemilik blog yang kemudian merasa terganggu dengan kehadiran bot yang meninggalkan “jejak” berupa URL backlink di kolom komentar.

Secara teknis, spam bot dapat di eliminasi dengan menggunakan plugin tertentu yang menambahkan captcha di kolom komentar. Akan tetapi, ancaman spam terkadang bukan hanya datang dari bot, tetapi juga dari user nakal yang mencoba untuk menyisipkan backlink secara manual.

Sebenarnya ada cara sangat mudah untuk menghilangkan upaya penanaman backlink/URL di kolom komentar WordPress, yaitu dengan menonaktifkan field URL pada kolom komentar.

Ada 2 cara untuk menghilangkan kolom URL di komentar WordPress. Yang pertama adalah menyisipkan script sederhana kedalam theme function yang aktif (function.php), atau dengan menggunakan plugin.

Cara Menghilangkan Kolom URL di Komentar WordPress

Cara pertama untuk menghilangkan kolom URL di komentar WordPress adalah menyisipkan script berikut ini kedalam file function.php. Silakan di copas, kemudian save! :)

function disable_comment_url($fields) {
 unset($fields['url']);
 return $fields;
}
add_filter('comment_form_default_fields','disable_comment_url');

FYI, file function.php dapat di edit dengan cara login ke dashboard wordpress, klik “Theme” > “Editor”. Klik “function.php” pada menu sebelah kanan.

Penampakan kolom komentar sebelum script di sisipkan pada function.php:

URL field terlihat di comment form.

Penampakan kolom komentar setelah script di sisipkan pada function.php:

Kolom URL hilang dari comment form! ;)

Cara kedua untuk menghilangkan kolom URL di komentar WordPress adalah dengan menginstal plugin yang mampu menghilangkan field URL di comment form wordpress. Nama pluginnya adalah “Remove Comment Website/URL Box“.

Plugin ini dapat di instal langsung dari menu “Plugin” yang terdapat di dashboard, atau di instal secara manual. Silakan kunjungi halaman resmi plugin ini di sini.

Oke, demikianlah cara menghilangkan kolom URL di komentar WordPress dengan mudah dan praktis, tanpa ribet dan working 100%! Thanks for reading!


Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *