iphone

Cara Mengatasi Layar Sentuh iPhone Tidak Bisa Digunakan

Ditulis oleh Beri komentar Lihat komentar

Beberapa waktu yang lalu abang saya datang ke tempat saya untuk menanyakan perihal cara memperbaiki atau mengatasi layar sentuh iPhone yang tidak dapat digunakan. Kebetulan abang saya memakai iPhone seri 4S, dan beliau tidak dapat mengoperasikan iPhone tersebut karena layar sentuhnya tidak dapat di operasikan dengan benar.

Meskipun layar sentuhnya tidak dapat di gunakan, namun fungsi-fungsi lain seperti fungsi voice commands, tombol home, dan sebagainya tetap bisa berfungsi dengan normal.

Setelah beberapa saat browsing di internet, saya menemukan beberapa petunjuk tentang cara melakukan troubleshooting layar sentuh iPhone yang tidak dapat digunakan, yaitu dengan cara mengupgrade versi firmware atau dengan cara melakukan restore.

Sebenarnya cara restore atau upgrade iPhone dapat di lakukan oleh siapa saja, karena prosedurnya cukup mudah dan tidak ribet.

Apa saja yang di butuhkan?

  • Komputer / laptop yang sudah terinstal iTunes (untuk mengunduh iTunes, silakan klik tautan berikut ini)
  • Kabel data iPhone untuk menghubungkan iPhone ke komputer atau laptop
  • Koneksi internet yang stabil dan cepat

Berikut cara mengatasi layar sentuh iPhone yang tidak bisa digunakan dengan cara mengupgrade versi firmware bawaan iPhone.

Sebelum melakukan upgrade atau restore pada ponsel yang sobat gunakan, sobat terlebih dahulu harus memposisikan iPhone dalam mode recovery dengan menggunakan kabel data yang terhubung ke komputer.

Cara mengatur iPhone agar masuk ke dalam recovery mode:

  1. Matikan iPhone sobat
  2. Tekan dan tahan tombol home sambil menghubungkan iPhone ke komputer yang iTunes nya sudah aktif
  3. Biasanya iPhone akan menyala dengan layar bergambar kabel data terhubung ke iPhone

Cara Mengatasi Layar Sentuh iPhone Tidak Bisa DigunakaniTunes akan mendeteksi keberadaan iPhone yang berada dalam mode recovery dan akan menawarkan 2 opsi, yakni update firmware (jika update atau pembaruan tersedia) dan opsi untuk me-restore iPhone. Screenshot > Klik disini

Selanjutnya, klik opsi untuk melakukan upgrade firmware. Pastikan pada saat ini koneksi internet sobat sudah terhubung dengan baik, karena iTunes akan mendownload update firmware untuk iPhone yang ukurannya cukup besar (di atas 1 Gb).

Untuk melihat progres download update firmware, silakan klik ikon panah yang ada di pojok kanan atas iTunes, hasilnya akan muncul seperti gambar di bawah ini:

Cara Mengatasi Layar Sentuh iPhone Tidak Bisa Digunakan

Saat proses download dan instalasi update sedang berlangsung, jangan mengutak atik iPhone atau iTunes, karena dapat menginterupsi proses update firmware yang sedang berjalan. Proses upgrade / update firmware akan berlangsung dalam rentang waktu yang variatif, tergantung pada spesifikasi iPhone dan koneksi internet yang sobat gunakan.

Layar pada iPhone akan menunjukkan proses loading pada saat update sedang di install kedalamnya. Untuk lebih jelas. silakan lihat pada foto di bawah ini.

cara-mengatasi-layar-sentuh-iphone-tidak-bisa-digunakan-04Setelah update firmware berhasil di lakukan, maka iPhone akan otomatis restart dengan sendirinya, dan pada layar awal akan tampil menu pengaturan awal iPhone.

Pada kasus iPhone abang saya yang layar sentuhnya tidak dapat di operasikan, masalah layar sentuhnya sudah dapat teratasi setelah iPhone berhasil di upgrade.

cara-mengatasi-layar-sentuh-iphone-tidak-bisa-digunakan-05Selanjutnya, silakan di set atau di atur sendiri iPhone yang sobat gunakan sesuka hati! :)

Simpulan

Jika sobat memiliki iPhone yang kondisi layar sentuhnya tidak dapat di operasikan dengan baik, sobat dapat mencoba memperbaikinya sendiri dengan cara melakukan upgrade firmware atau melakukan reset mempergunakan iTunes dengan langkah-langkah yang telah di jelaskan di atas.

Semoga artikel tentang Cara Mengatasi Layar Sentuh iPhone Tidak Bisa Digunakan ini bisa bermanfaat untuk sobat. ^^


Incoming keywords

layar iphone tidak bisa disentuh, layar iphone tidak bisa digeser, aplikasi memperbaiki layar iphone yang tidak sensitif


Related Posts

Filed under

How-To

| Tags:

,

Leave a comment ?

181 Comments.

  1. kak di pc aku di itunesnya gaada upgrade firmwarenya itu gmn?

Leave a Comment