Asus

ASUS Notebook Terbaik dan Favoritku

Ditulis oleh Beri komentar Lihat komentar

ASUS notebook terbaik dan favoritku – Pekerjaan saya sebagai seorang “pekerja serabutan komputer dan jaringan” mewajibkan saya untuk selalu siap sedia untuk melakukan troubleshooting, maintenance/perawatan atau pun setting-up segala sesuatu yang berhubungan dengan komputer baik di tempat kerja atau di tempat klien. Banyak peralatan yang selalu menemani saya dalam melakukan aktivitas tersebut dan salah satunya adalah laptop/notebook yang memiliki kinerja baik.

Laptop mempunyai peranan peranan penting dalam kegiatan saya dalam hal memberikan dukungan teknis dan memecahkan masalah terutama yang berhubungan dengan masalah jaringan atau perangkat lunak. Saya membutuhkan notebook terbaik dan handal yang dapat mendukung semua kegiatan tersebut.

Ada beberapa faktor yang menjadi pertimbangan saya dalam menentukan notebook mana yang dapat digunakan dalam aktivitas saya, antara lain :

1. Durabilitas tinggi

Saya bekerja mobile – terus bergerak siang dan malam. Kadang harus siaga di kantor, dan kadang harus mampir ketempat klien-klien saya yang lain. Oleh karena itu, saya wajib menggunakan notebook dengan faktor durabilitas atau daya tahan yang tinggi.

2. Efisien dalam penggunaan listrik

Tidak semua tempat terdapat catu daya listrik, oleh karena itu efesiensi daya listrik dan kekuatan batere notebook adalah hal yang juga berperan besar dalam mendukung kegiatan yang saya lakukan sehari-hari.

3. Ringan dan portabel

Tas kerja saya biasanya sudah penuh dengan perkakas perbaikan jaringan dan komputer, sebut saja precission set tools, crimping tool, obeng berbagai macam ukuran, berbagai macam konektor, network tester, spare part dan sebagainya. Mutlak “hukumnya” bagi saya untuk menggunakan notebook terbaik yang ringan dan mudah dibawa kemana saja, karena notebook yang berat akan menambah beban peralatan tempur yang saya bawa. Hehehe…

4. After sales service dan garansi resmi

Notebook yang saya favoritkan untuk dipakai harus memiliki layanan purna jual dan garansi resmi yang memadai. Saya secara pribadi tidak pernah menginginkan jika laptop yang saya gunakan tiba-tiba rusak, akan tetapi kadang hal tersebut bisa saja terjadi.

Berdasarkan beberapa pertimbangan tersebut, saya memutuskan untuk menggunakan notebook dari ASUS karena ASUS terkenal sebagai vendor yang konsisten dalam memproduksi notebook dan perangkat komputer lainnya yang dapat di andalkan.

Mengapa saya memilih ASUS?

Pertama, saya mengetahui dengan persis bahwa ASUS adalah vendor yang tidak sembarangan saat melempar sebuah produk ke pasaran. Sebagai vendor yang terpercaya, semua produk ASUS didesain untuk menjadi yang terbaik dan melewati serangkaian tes quality control yang ketat dan memiliki standar yang tinggi.

Hasilnya, setiap produk ASUS adalah produk yang kompetitif dari aspek kualitas. Produk dari ASUS memiliki daya tahan (durabilitas) yang tinggi dan cocok dengan aktivitas saya yang cukup padat serta terus bergerak.

Saya memiliki beberapa rekan yang bekerja sebagai pemilik layanan perbaikan / servis tidak resmi untuk laptop atau netbook yang sudah tidak bergaransi. Nah, ditempat kerja mereka ini terdapat puluhan notebook dari puluhan merk ternama yang mengantri untuk diperbaiki. Saya secara personal biasanya melihat notebook merk apa saja yang paling banyak di perbaiki dan notebook merk apa saja yang paling jarang diperbaiki.

Hasilnya adalah notebook keluaran ASUS cukup “langka” dalam antrian tersebut.

Kedua, ASUS memiliki layanan prima dalam urusan garansi dan layanan purna jual, terbukti dengan banyaknya gerai pusat layanan perbaikan (service center) ASUS yang tersebar di beberapa tempat di kota saya.

Yang membuat saya lebih yakin dengan ASUS adalah ASUS memiliki komitmen untuk memberikan garansi global, hal ini memungkinkan kita untuk melakukan klaim garansi dimana saja saat kita berada dimana saja selama ada pusat layanan / service center ASUS.

ASUS notebook terbaik dan favoritku!

ASUS Notebook Terbaik dan Favoritku

ASUS X200CA – ASUS Notebook Terbaik dan Favoritku

Saat ini saya menggunakan ASUS tipe X200CA untuk keperluan saya sehari-hari. Laptop ASUS tipe X200CA yang saya gunakan selama 3 bulan ini memiliki spesifikasi sebagai berikut :

  • Processor Intel® Celeron® 1007U Processor
  • OS Windows 7 Ultimate 64-bit Service Pack 1
  • Chipset Intel® HM76/HM70 Express Chipset
  • Memory DDR3 1333 MHz SDRAM, OnBoard Memory 2 GB
  • Display 11.6″ 16:9 HD (1366×768) LED Backlight
  • Graphic Integrated Intel® HD Graphics
  • Card Reader 2 -in-1 card reader ( SD/ SDHC/ SDXC/ MMC)
  • Storage 320GB 5400 RPM
  • Camera HD Web Camera
  • Networking Integrated 802.11 b/g/n dan Fast Ethernet 10/100
  • Audio Built-in Speakers / Microphone ASUS Sonic Master
  • Battery 3Cells 3300 mAh 33 Whrs
  • Dimensions 30.2 x 20.0 x 2.56 cm (WxDxH)
  • Weight 1.24 kg (with 3 cell battery)

Laptop ini memiliki kelebihan pada ukurannya yang sangat ringkas, ringan dan memiliki kinerja yang baik. Ukuran yang mungil tidak menjadikan saya harus memberikan perlakuan istimewa kepada laptop ini. Sebaliknya, ASUS tipe X200CA yang saya gunakan memiliki tugas yang tidak sedikit, antara lain mengolah laporan harian, mencatat hasil meeting, memberikan presentasi, troubleshooting jaringan wifi, dan sebagainya.

ASUS Notebook Terbaik dan Favoritku

Meja Kerja – ASUS Notebook Terbaik dan Favoritku

Keluaran gambar yang menggunakan HDMI adalah nilai plus yang sangat saya sukai dari ASUS tipe X200CA terutama pada saat memberikan presentasi. Gambar yang diproyeksikan oleh proyektor dari laptop terlihat sangat jernih, mendetail, dan halus. Sangat berbeda dengan laptop lain yang biasanya hasil proyeksi terlihat tidak fokus dan lebih kasar.

ASUS Notebook Terbaik dan Favoritku

Pas lagi presentasi nih…

Dukungan USB versi 3.0 juga memungkinkan saya untuk melakukan transfer data lebih cepat ke penyimpanan eksternal seperti flashdisk atau harddisk eksternal yang sudah menggunakan USB 3.0

Laptop ASUS tipe X200CA pada saat saya beli dibanderol dikisaran 3,5 juta rupiah. Harga tersebut sangat sesuai dengan budget saya yang memerlukan laptop mid-end yang dapat diajak “kerja keras”.

Sampai saat ini saya sangat puas dengan kinerja laptop mungil dari ASUS ini. Sehingga tidak salah rasanya saya memberikan predikat laptop ini sebagai “ASUS notebook terbaik dan favoritku”, karena produk ASUS memang memiliki kualitas yang sangat baik, berdaya tahan baik, dan mampu memenuhi kebutuhan pekerjaan saya – baik di kantor atau pun pekerjaan ceperan di lapangan.

ASUS Notebook Terbaik dan Favoritku

Screenshot di ASUS X200CA

Kesimpulan

ASUS adalah vendor ternama yang memiliki produk dengan kualitas sangat baik. Saya secara pribadi sangat merekomendasikan penggunaan notebook ASUS untuk kebutuhan pekerjaan di kantor atau di lapangan, karena produk ASUS di desain dengan baik dan melewati quality control yang ketat.

Demikian sedikit ulasan saya yang bertema “ASUS notebook terbaik dan favoritku”, semoga bermanfaat!


Related Posts

Filed under

Gadget

| Tags:

  1. Mas…apa sih beda paling mendasar antara prosesor celeron dengan pentium?

    • paling mendasar adalah harganya :)

      celeron di tujukan untuk pasar komputer low-end. celeron memiliki spesifikasi yg rendah dari segi kecepatan/clock, cache, FSB, dan sebagainya jika di bandingkan dengan pentium.

      pentium di tujukan untuk komputer mid-end dan high-end. memiliki kinerja yang jaaaauuhhhh… lebih baik ketimbang celeron.

      demikian singkatnya. :)

Leave a Comment