Apakah Yang Dimaksud Dengan Cloud Hosting?

Ditulis oleh Beri komentar Lihat komentar

Belakangan ini banyak perusahaan penyedia hosting yang menawarkan paket-paket hosting berbasis cloud hosting. Namun masih banyak yang masih awam dengan apakah yang dimaksud dengan cloud hosting.

Sebelum membahas tentang apakah yang dimaksud dengan cloud hosting, satu hal yang perlu diketahui adalah prinsip kerja cloud computing – konsep dasar layanan cloud hosting.

Cloud computing adalah komputerisasi berbasis internet menggunakan sumber daya sharing atau berbagi dengan pengguna lain dan dibayar sesuai dengan kuantitas yang kita gunakan (mirip-mirip langganan PAM atau Listrik).

Cloud computing terbagi menjadi 3 kategori yaitu layer aplikasi, layer platform, dan layer infrastruktur.

Kategori layer aplikasi dapat diimplementasikan dalam bentuk layanan umum seperti yang digunakan pada Google Music, Amazone Cloud Player, dan lain-lainnya.

Kategori layer platform dapat digunakan dalam bentuk sistem operasi / pengaya sistem operasi seperti yang digunakan CloudLinux atau sistem virtualisasi.

Kategori infrastruktur berupa fisik komputer atau server yang terhubung dengan internet.

Kenapa cloud hosting lebih murah?

Perhatikan gambar paket cloud server yang ditawarkan Rackspace berikut ini :

Rackspace Cloud Server

Pada gambar tersebut dapat kita lihat bahwa Rackspace menawarkan sistem pembayaran jam-jaman untuk cloud server mereka. Dengan sistem seperti ini, pengguna jasa server dapat menekan pengeluaran mereka. Oleh karena itu, sistem cloud computing memiliki kelebihan berupa lebih efektif dan hemat dalam hal pembiayaan.

Selain itu semua server di kontrol terpusat melalui applikasi central termasuk billing, support, interface control.

Hasilnya sistem provisioning atau aktivasi server sangat cepat mungkin hitungan menit atau jam dan tidak lagi seperti masa sistem traditional dimana memerlukan waktu 1×24 sampai 3×24 jam untuk aktivasi, cost bisa di hitung berdasarkan periode yang lebih kecil yaitu per jam sehingga anda bisa men-terminasi server kapanpun yang anda mau tanpa terbeban biaya tambahan.

Kembali ke topik apakah yang dimaksud dengan cloud hosting.

Dari penjelasan diatas, cloud hosting dapat dikategorikan sebagai cloud computing layer platform. Sehingga yang dimaksud dengan cloud hosting adalah layanan hosting yang menggunakan sistem operasi tertentu pada sebuah server, dan sistem operasi ini dioptimasi untuk menyediakan environment hosting yang stabil dan efisien.

Salah satu sistem operasi cloud hosting yang ternama adalah CloudLinux. Fitur utama CloudLinux adalah menerapkan lightweight virtualized environments (LVE), sebuah sistem virtualisasi yang memungkinkan setiap pelanggan tetap mendapatkan layanan yang stabil walau pun ada pelanggan yang menggunaan resource secara berlebihan.

Agar lebih jelas perhatikan ilustrasi berikut ini.

Konsep shared hosting tradisional

Konsep penggunaan CloudLinux

Pada konsep tradisional, ketika salah satu pelanggan menggunakan resource secara berlebihan, maka pelanggan-pelanggan lain akan terimbas dampaknya berupa penurunan performa. Sedangkan pada konsep cloud hosting berbasis CloudLinux, terdapat sistem lingkungan pelanggan yang terisolasi, sehingga penggunaan resource yang berlebihan tidak akan berdampak kepada pelanggan lain.

Sumber :

http://indocloudhosting.com/2010/11/apa-yang-dimaksud-dengan-cloud-computing/
http://cloudhosting-murah.com/
http://cloudlinux.com/about/how.php


Incoming keywords

apa yang dimaksud cloud server, cloud hosting adalah, pengertian cloud hosting


Related Posts

Filed under

Networking

| Tags:

  1. thanks gan infonya, akhirnya ngerti juga saya apa itu cloud hosting.

    main-main ke blog sy gan
    http://www.janglapuk.web.id/2012/01/tips-memilih-lokasi-server-vps/

  2. Cloudlinux itu bukan cloud hosting atau cloud server, karna Cloudlinux hanya sistem operasi yang membatasi limit setiap akun sehingga tidak menjamin uptime 100%. Sedangkan cloud hosting/server bisa menjadi uptime 100% karna mempunyai beberapa server yang digabungkan dalam satu virtual box, sehingga saat satu server down maka akan otomatis diambil alih oleh server lain sehingga dapat menjadi uptime server 100%.

  3. Hmm, baru tahu apa itu cloud hosting. Sepertinya cloud hosting ini punya server di mana-mana ya, sehingga koneksinya lebih cepat dan ngirit bandwidth.

  4. ow jadi gitu ya maksudnya cloud hosting, ternyata sangat banyak ya istilah-istilah yang berhubungan dengan hoting, artikel mengenai cloud hosting ini belum begitu banya sahabat blogger yang membahas, jadi saya acungkan kedua jempol saya untuk ulasan ini, terimakasih admin atas informasinya, juga terimakasih banyak untuk mas afiv atas koreksinya, sangat bermanfaat, baik webnya juga para komentator yang telah lebih dulu memberikan komentar-komentar yang bersifat membangun, o ia min udah dulu ya, udah kepanjangan rasanya, ntar dijadiin artikel pula hehe…., sekali lagi terimakasih dan salam kenal, senang membaca artikel Anda…. sukses selalu…

  5. Wah, ada ya uptime sampe 100%, Trims infonya, mulai ngerti dikit2 tentang cloudhosting, salam kenal..

  6. cloud hosting enterprise

    Terima kasih untuk infonya :)jangan lupa juga kunjungi cloud hosting enterprise

Leave a Comment