ABPindo : Adblock Plus Filter Set Situs-Situs Indonesia

Ditulis oleh Beri komentar Lihat komentar

ABPindo merupakan sebuah filter dari ekstensi Adblock Plus pada firefox untuk memblok iklan di situs-situs Indonesia. Walaupun tidak semua iklan dapat diblok namun paling tidak abpindo dapat mengurangi jumlah iklan-iklan tersebut. Sangat berguna bagi yang menggunakan akses internet terbatas seperti koneksi dial-up pengguna modem cdma dan internet mobile lainnya.

Adblock secara signifikan akan mengimprovisasi kecepatan akses pada situs-situs yang banyak terdapat iklan.

Penggunaan / integrasi ABPindo untuk Firefox :

  1. Install terlebih dahulu Adblock Plus pada firefox anda. Restart firefox jika diminta pada saat instalasi selesai.
  2. Jika Adblock Plus sudah terinstall, maka akan tampil kotak dialog untuk menambahkan langganan adblock filter. Klik “Add filter subscription…”, pada menu dropdown pilih “ABPindo+Easylist”, kemudian klik “Add”. Untuk detailnya, silakan klik pada gambar dibawah ini :

  3. Setelah itu, secara otomatis Adblock Plus akan mendownload adblock filter kombinasi (ABPindo+EasyList). Filter ini akan diperbarui secara periodik dan otomatis. Pastikan tanda centang ada pada opsi “Enabled”, dan terakhir klik “Close” untuk menutup pengaturan filter Adblock Plus.

Penggunaan / integrasi ABPindo untuk Google Chrome :

  1. Kunjungi halaman berikut ini, kemudian klik pada “Install Adblock Plus” untuk memasang extension Adblock Plus for Chrome. Klik “Continue” atau “Add” jika diminta konfirmasi.

  2. Jika sudah berhasil terinstal, maka logo Adblock Plus akan tampil dipojok kanan atas Chrome. Klik kanan pada logo tersebut, lalu pilih “Options” untuk membuka pengaturan Adblock Plus.

  3. Adblock secara default akan berlangganan adblocking filter ke Easylist. Hapus terlebih dahulu filter Easylist dengan mengklik tanda silang x merah disamping kirinya. Klik “Ok” jika diminta konfirmasi.
  4. Tambahkan langganan ke filter ABPindo+ Easylist dengan cara klik menu “Add filter subcsription”, kemudian pilihlah “ABPindonesia+Easylist (Bahasa Indonesia)” , terakhir klik “Add”. Jadinya seperti gambar dibawah ini :

Setelah semua pengaturan sudah disetting dengan benar, silakan browsing ke detik.com atau kompas.com dan lihat bedanya. Iklan-iklan yang mengganggu akan hilang dari pandangan mata.

Test drive Adblock Plus dengan ABPindo+Easylist di situs berita detik.com

Tanpa adblock (klik untuk memperbesar) :

 Dengan adblock (klik untuk memperbesar) :

 Terlihat bedanya kan?

Oia… ada sebagian orang uang bertanya kepada saya tentang perlukah berlangganan filter lain selain ABPindo+Easylist. Jawabannya : menurut saya ABPIndo+EasyList sudah cukup mumpuni dalam menghalau iklan-iklan yang mengganggu – baik di situs-situs Indonesia ataupun situs-situs asing.

Kebanyakan berlangganan adblock filter justru akan memperberat kinerja browser dan memperlambat browsing anda.

Links :

Credits to agan Hermawan selaku maintainer ABPindo. Trims sudah membuat adblocking filter yang manteb ini. :)


Incoming keywords

adblock indonesia


Related Posts

Filed under

Info Umum

| Tags:

  1. wow.. luarbiasa

    Terimakasih atas postingannya tentang ABPindo. Saya sangat terbantu sekali dengan ada tutorial lengkap ini. Izin sekalian postingnya mau saya post di thread kaskus. :D

  2. manteb gan ane barusan nyoba,,hehe

  3. KK, kalo untuk abp indo dikombinasikan dengan selain easy list bisa nggak ya??
    seperti fanboy list + abp indo,,,
    Trims

    • bisa saja di kombinasikan, yang perlu diperhatikan adalah jangan terlalu banyak melakukan subscribe ke adblock list. karena kebanyakan subscribe akan memperlambat kinerja browser.

Leave a Comment