You are here: Home » About

About

Tentang Saya

Perkenalkan, nama saya Fajar Ramadhan! Blog kecil ini berisi catatan saya seputar dunia komputer, internet, jaringan dan informasi umum yang menarik. Semua tulisan didalam blog ini berlisensi Creative Commons Attribution 3.0 Unported, yang artinya anda dapat membagikan dalam bentuk copas copy, redistribusi, mereproduksi, melakukan remix, mengadaptasi dengan kebutuhan anda, serta menggunakannya untuk keperluan komersial dengan kondisi anda wajib untuk menyertakan credit berupa linkback ke tulisan asli di blog ini.

Anda dapat menghubungi saya lewat email berikut ini / Question? Suggestion? Donation? Etc.. drop me an email : fazar[at]outlook[dot]com

What’s running this blog?

Saya senang karena bisa memiliki sebuah blog yang dapat diakses dengan cepat dari seluruh belahan dunia. Apa saja yang berada di belakang layar blog kecil ini? Check this out:

Hosting & CDN

fazar.net di hosting oleh HostHatch

Software

WordPress – Yes, we love wordpress! :)

Apakah anda tahu bahwa fazar.net memiliki performa 97% lebih cepat dan lebih baik jika dibandingkan dengan situs-situs lain di dunia? Silakan kunjungi halaman tes dari Pingdom untuk fazar.net di tautan berikut ini.

Credits

Personally I would like to say thanks for this guys – fazar.net depends on them to get runs smoothly.

Thanks to HostHatch.com for kindly hosted and sponsored my blog. And thanks to everyone that supporting and giving positive and/or constructive feedback on this blog. Thank you, guys!

Page maintained by

32 Comments.

  1. Bang FAJAR.  sudah saya analisa ulang, dan sudah jalan code delay pools yang di atas, mantap.

    Mengingat kata bang Fajar bahwa memakai mikrotik lebih mantap, saya pun telah membeli rb 750 dari situs MIKROTIK Indonesia. saya pelajari sedikit mengenai pembagian bandwidth dengan tutorial dari Mr.REGES http://yuzank.blogspot.com/2012/11/bandwidth-manajemen-dengan-mikrotik.html#.UWLEpEptnZ5. dan saya sudah bisa menggunakannya. tapi alangkah mantapnya jika pembagian bandwith secara maksimal menggunakan bandwidth yang mantap itu dan luar biasa itu+ dipadukan dengan external proxy lusca yang telah tenar dan powerful itu bang Fajar,

    dengan referensi code  dari Mr.REGES  saya ambil koneksi  dari internet ke LAN menggunakan rb 750 sementara itu code nat dari proxy external menuju rb750   yang saya ambil dari muhammad nur husni, sekarang proxy sudah bisa cache dengan menggunakan rb750 tapi belum saya pakai hanya sebatas tes dengan menggunakan pc proxy yang saya buat khusus untuk tes.

    keinginan saya yaitu tetap sama, yaitu

     

    Bang FAJAR, PERTANYAAN KE 3

     

    Bagan NETWORK

    Modem

    192.168.1.2     ether1

    10.1.20.111     ether2 LAN menuju clients
    192.168.0.1     ether3 LAN menuju proxy

    192.168.0.2     ether proxy menuju ke ether3

    Information
    1. fullbandwitdh ada 2048

    2. limitedbandwidth 1024

     

    Tujuan
    1. Pemakai FULL BANDWITH hanya saya yang pakai,dgn gunakan download manager dan bisa saya limit dengan IDM
    2. Browsing memanfaatkan semua bandwitdh 2048

    Nonton utube                    full bandwidth 2048
    Game                                     full bandwith 2048
    Idm rebutan                      limitedbandwidth 1024

    3. Download terbatas (limited bandwith) dg bandwith 1024
    a. Jika 1 orang download dapat full 1024
    b. Jika 2 orang download rebutan 1024
    c. Jika 3 orang download rebutan 1024
    d. Jika 4 orang download rebutan 1024

    d. Jika 4 orang download rebutan 1024

     

     

     

    • wah.. banyak kemajuannya nih, sip lah kalo begitu. saya kasih sedikit petunjuk ya… implementasinya silakan googling dan pelajari sendiri (biar skill mikrotiknya nambah)

      1. koneksi full untuk admin. untuk hal ini masbro cuman perlu menambahkan ip address admin di ip -> firewall -> address list. kemudian, di mangle yg menandai packet download tambahkan pengecualian untuk ip admin tersebut.

      2. tandai dulu koneksi untuk browsing (port 80), youtube (layer7 filter), game (tandai portnya di mangle) dan ekstensi file (layer7 filter) yg akan di batasi bandwidth nya, kemudian pada queue tree buatlah satu queue dengan limit 2048 kbps dengan 3 anak : browsing, youtube dan game atur priority nya secara berurutan.

      3. untuk yg limited bandwidth buat queue dengan limit 1024 kbps, tandai paket selain yg ditentukan diatas (browsing, youtube, game, download idm rebutan/file ekstension) dengan nama limited-bandwidth di mangle, kemudian letakkan di bawah queue tersebut.

      mohon maaf, karena ane nggak bisa kasih contoh command mikrotik nya coz mikrotik ane lagi “istirahat”.. ane lagi test drive implementasi qos pada gateway linux.

  2. terima kasih bang Fajar atas info  yang diberikan saya akan google dulu, kalau dah mentok ya terpaksa minta info  petunjuk lanjutan ke bang Fajar,  ha ha  maklum saya buta akan mikrotik

  3. mas fajar, ane newbie mau pasang proxy yang paling ngebut pake apa ya?.. n driver/os nya dari apa sampai apa?

    • proxy idealnya jalan under linux atau bsd, walaupun ada alternatif lain seperti handycache untuk windows. proxy semuanya potensial untuk jadi “ngebut” asal settingnya bener dan nggak copas. :D

  4. bang saya minta tolong dong ..

     

    cerita saya lagi belajar mikrotik nie kasus saya adalah

    saya pengen pisah lokal dan internasional dengan sistem pcq dandi terapkan dengan sistem

    queue tree.. dan bagi bandwith game.browsing,download,upload sendiri2

     

    ajarin ya bang..kirim ke email saya ya bang kalo sempet ini email saya

    hari.kusuma.d@gmail.com  makasih banyak bang

  5. oh ia bang fajar FB nya apaan yg bisa di hubungi

  6. How do you get iemi number?

    • did you mean imei? its often printed on your mobile phone box, inside your phone eg. on battery slot, or by typing some commands on your phone.

  7. i want to know if you can cheak if someone is using your blackberry by using the imei number?

  8. jar ni ada kawan nda nih kada ingat password lawan user id wifi kyapa zar ada kah kam sofware nya???mun ada sms lah