6 Browser Berbasis Chromium

Ditulis oleh Beri komentar Lihat komentar

Chromium Project adalah proyek development web browser open source. Chromium diadaptasi dari nama logam chromium (Cr) yang menjadi bahan dasar chrome. Konon Chromium adalah web browser yang paling aman saat ini.

Pada security conference Pwn-2-Own 2010 yang diadakan CanSecWest, diadakan lomba untuk membobol celah keamanan web browser terkemuka. Hasilnya, hanya Chromium yang resisten dari banyak eksploitasi, sedangkan browser lain seperti Internet Explorer 8 dan Firefox, celah keamanannya dapat ditembus dengan mudah.

Chromium memiliki banyak fitur dan menawarkan desain interface yang sederhana namun tetap powerfull dengan Webkit engine yang digunakannya. Chromium mendukung penggunaan codec Vorbis, Theora, dan WebM pada HTML5 dan tag video.

Chromium dapat didownload disini.

Daftar browser berbasis Chromium :

1. Google Chrome

Yang membedakan Chrome dengan Chromium adalah Google  fungsi tambahan dan mengintegrasikan fitur lain kedalam Chrome, antara lain Google mengintegrasikan Flash Player, menambahkan nama dan logo Google, menambahkan fungsi auto-update, crash reporter, opsi untuk mengirimkan statistik user kepada Google, serta dukungan codec untuk H.264, AAC, dan MP3.

2. Flock

Flock adalah browser yang berfokus pada kemudahan komunikasi pada media sosial dan jejaring sosial. Pada awalnya Flock dikembangkan menggunakan engine Gecko dan interface yang dikembangkan oleh Mozilla Project. Namun akhirnya Flock beralih menggunakan Chromium.

3. ChromePlus

ChromePlus menambahkan sangat banyak fitur kedalam Chromium seperti penggunaan mouse gesture, Super Drag, IE Tab (memungkinkan penggunanya menggunakan engine Trident milik Internet Explorer untuk merender web, namun tetap dalam interface Chromium), serta built-in Adblock yang dapat mengimpor Adblock rules dari Easylist.

4. Comodo Dragon

Comodo yang merupakan vendor keamanan terkenal juga ikut mengembangkan Chromium. Comodo menambahkan fitur perlindungan privasi yang telah diimprovisasi, peningkatan stabilitas dan pengurangan  penggunaan memory, serta fitur pengidentifikasian SSL yang lebih mudah.

5. Iron Browser

Developer software dan hardware SRWare Iron juga ikut merilis Chromium bernama Iron Browser. Pada Iron browser, fungsi pengiriman statistik user yang dapat digunakan pihak lain telah dihilangkan.

6. RockMeIt

RockMeIt mengintegrasikan banyak  fitur Facebook, Twitter dan jejaring sosial lainnya kedalam Chromium. Dirilis dengan commercial proprietary licence alias shareware, namun akhirnya dirubah menjadi freeware.


Related Posts

Filed under

Software

| Tags:

,

  1. tiguan 2010 - trackback on Juli 12, 2011 at 1:13 pm

Leave a Comment